Skripsi
Modefikasi pembelajaran sepak bola mini dalam pendidikan jasmani olahraga kesehatan siswa kelas V SDK Bioni kabupaten TTU
Kandidus Nule, 12320175, “Modifikasi Pembelajaran Sepakbola Mini Dalam Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Siswa Kelas V SDK Bioni Kabupaten TTUâ€ÂÂ, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, Dosen Pembimbing I Agustinus J. Nafie S.Pd, M.Or, Dosen pembimbing II Fredik E. Nope S.Pd, M.Or.
Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang dilakukan melalui aktivitas fisik sebagai media utama untuk mencapai tujuan. Bentuk-betuk aktivitas fisik yang lazim digunakan oleh anak Sekolah Dasar. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru pendidikan jasmani harus dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani sesuai dengan tahap-tahap perkembangan dan karakteristik anak didik, terutama di Sekolah Dasar. Memodifikasi sarana dan prasarana merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan guru pendidikan jasmani sekolah dasar agar pembelajaran dapat mencerminkan DAP. Oleh karena itu, DAP termasuk didalamnya “body scaling†atau ukuran tubuh siswa, harus selalu dijadikan prinsip utama dalam memodifikasi sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar pendidikan jasmani.
. Pelaksanaan modifikasi sangat diperlukan bagi setiap guru pendidikan jasmani sebagai salah satu alternatif atau solusi dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar pendidikan jasmani, modifikasi merupakan implementasi yang sangat berintegrasi dengan aspek pendidikan lainnya. Penelitian ini dilaksanakan di kancah SDK Bioni Kabupaten TTU dalam kurun waktu kurang lebih dua bulan dengan metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif . Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganilisis data penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan secara langsung dan serentak selama penelitian dikancah penelitian. Data data yang telah diperoleh dianalisa secara sistematis, obyektif, dan akurat. Berdasarkan temuan dikancah penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran penjasorkes dengan modifikasi permainan sepakbola dapat berjalan dengan baik dan diterima baik oleh setiap siswa maka dari modifikasi pembelajaran sepakbola mini yang digunakan merupakan cara untuk mengatasi kesulitan-kesulitan siswa dalam mengikuti pembelajaran sepakbola sehingga guru diharapkan mampu memodifikasi pembelajaran dan pendekatan dalam bentuk permainan sebagai contohnya, proses pembelajaran pendidikan jasmani akan lebih menyenangkan.
129/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain