Skripsi
Modifikasi Pembelajaran alat Tolak Peluru dengan Menggunakan Bola Plastik untuk meningkatkan Efektivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Oeliurai Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun Ajaran 2015/2016
ABSTRAK
Kortanus Jibrael Gustaf Bastian, Nim: 3207225 dengan judul: Modifikasi
Pembelajaran Alat Tolak Peluru Dengan Menggunakan Bola
Plastik Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa Kelas V
SD Negeri Oeliurai Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah
Utara Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Pendidikan
Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pembimbing
(I) Ramona M. Mae, S.Pd, M.Or, Pembimbing (II) Jimmy Ch.
Atty, S.Pd, M.Fis.
Kata Kunci : Modifikasi, Tolak peluru, Bola Plastik, Efektivitas Belajar.
Pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan
dari pendidikan pada umumnya. Pendidikan merupakan pilar utama
dari peradaban suatu bangsa yang mendasari dari semua bidang dalam
kehidupan yang mencerminkan kualitas dari individu maupun dari
suatu bangsa. Dalam mengembangkan kualitas pendidikan yang
didalamnya mengandung unsur yang menunjang individu untuk
berkembang secara maksimal, seperti konsep diri, prinsip, kreatifitas,
tanggung jawab dan ketrampilan individu. Aspek kognitif, psikomotor
dan afektif secara tidak langsung berkembang dalam proses
pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, oleh karena
itu dalam pembelajarannya harus disesuaikan dengan karakteristik
perkembangan dan pertumbuhan peserta didik. Pada dasarnya
pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang dilakukan dengan
gerak tubuh atau fisik. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah
apakah Modifikasi Alat Tolak Peluru Dengan Menggunakan Bola
Plastik Dapat Meningkatan Efektivitas Belajar Siswa Kelas V SD
Negeri Oeliurai Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara
Tahun Ajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui adanya peningkatan Efektivitas belajar tolak peluru pada
kelas V SD Negeri Oeliurai Kecamatan Insana Kabupaten Timor
Tengah Utara Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Kesimpulan
dari penelitian ini yaitu bahwa didalam proses pembelajaran peneliti
menemukan adanya usaha dari guru penjasorkes dalam hal
memodifikasi alat tolak peluru untuk mengatasi kurangnya alat yang
ada di sekolah sehinggah ada peningkatan efektivitas belajar tolak
peluru pada kelas V SD Negeri Oeliurai Kecamatan Insana Kabupaten
Timor Tengah Utara Tahun Ajaran 2015/2016. Saran dari penelitian
ini yaitu guru penjasorkes harus memiliki kemampuan dalam
memodifikasi alat tolak peluru, sehingga terciptanya proses
pembelajaran penjas yang baik dan terarah.
116/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain