Skripsi
Minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri Nifuteas kabupaten Timor Tengah Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016
ONISIFORUS BETTY, NIM 12320241. “MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI NIFUTEAS KECAMATAN NOEBEBA KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATANâ€ÂÂ.Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pembimbing I Dr. Andreas J.F. Lumba, M.Pd, dan Pembimbing II Ramona M. Mae, S.Pd, M.Or.
Kata Kunci: minat, pembelajaran, penjasorkes.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SD Negeri Nifuteas Kecamatan Noebeba Kabupaten Timor Tengah Selatan.Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu cara memesahkan masalah yang didasarkan pada konsep yang telah dikembangkan selama ini yang kemudian direduksi dalam sejumlah pertanyaan penelitian dan fokus penelitian . Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V, VI yang tercatat di SD Negeri Nifuteas Kecamatan Noebeba Kabupaten Timor Tengah Selatan yang berjumlah 126 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket observasi, dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Nifuteas Kecamatan noebeba Kabupaten Timor Tengah Selatanpada hari Senin, 22 juni 2016 dan diperoleh responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan faktor minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani berada pada kategori sedang dengan prosentase sebesar 38,00% (38 siswa dari 100 siswa). Bila dilihat dari faktor instrinsik dan ekstrinsik semuanya berada pada kategori yang sama yaitu faktor instrinsik sebesar 38% (38 siswa dari 100 siswa) sedangkan faktor ekstrinsik sebesar 39% (39 siswa dari 100 siswa). Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa faktor ekstrinsik lebih besar peranannya dibandingkan dengan faktor instrinsik. Oleh karena itu, guru Penjasorkes di SD Negeri Nifuteas Kecamatan Noebeba Kabupaten Timor Tengah Selatan agar kedepannya lebih kreatif dalam .menerapkan model-model pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan sehingga proses belajar mengajar menjadi tidak monoton dan membosakan sehingga minat belajar siswa menjadi tinggi. Salah satu langkah awalnya agar tecapaimya tujuan tersebut ialah dengan menyiapkan perangkat pembelajaran secara lengkap sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas maupun kegiatan praktik di luar kelas.
131/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain