Skripsi
Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Experiental Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Kupang Tahun Ajaran 2015/2016
ABSTRAK
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2015 / 2016
Hayer, E L)* Tnunay, P)** Bullu, N)**
Masalah yang ditemukan di SMP Negeri 5 Kota Kupang, pembelajaran masih berpusat pada guru, dan penggunaan model pembelajaran juga masih kurang bervariasi sehingga proses pembelajaran kurang efektif, menyebabkan siswa kurang memahami materi dimana siswa hanya sekedar mengetahui konsep tanpa memahami secara mendalam dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar tidak memenuhi target yang ditetapkan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran experiental learning terhadap hasil belajar IPA Terpadu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen, yang menjadi sampel dalam penelitian ini siswa Kelas VIIIA, dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIIID dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dimana hasil belajar siswa sudah dikatakan baik. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menggunakan rumus uji t diperoleh nilai thitung 11,24 > t tabel 1,684, sehingga HI terima dan tolak H0. Oleh karena itu penelitian dengan menggunakan model pembelajaran experiental learning sudah efektif terhadap hasil belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Disarankan bagi siswa, lebih partisipasi aktif dalam proses pembelajaran di kelas sehingga banyak memperoleh informasi tentang hal-hal yang belum diketahuinya dan bagi guru, dapat memilih model, strategi dan metode yang tepat sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang optimal untuk siswa tetap aktif dan kreatif dalam merumuskan masalah yang dihadapi.
Keterangan :
Kata kunci : Model pembelajaran experiental learning , Hasil belajar
*) Penulis
**) Pembimbing
218/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain