Skripsi
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray(Ts-Ts)terhadap Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)Siswa Kelas XII Mata pelajaran Biologi di SMTK Tarus Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2016/2017
ABSTRAK
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY – TWO STRAY (TS - TS) TERHADAP PENCAPAIAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) SISWA KELAS XII MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMTK TARUS KABUPATEN KUPANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Danga, D )* Henukh, A )** Bullu, N )** Berdasarkan pengamatan awal penulis di SMTK Tarus Kabupaten Kupang, siswa belum mencapai KKM, hal ini menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Ts-Ts Terhadap Pencapaian KKM Siswa Kelas XII SMTK Tarus Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Design One Group Pree Test dan Post Test. Teknik pengumpulan data : memberikan pree test dan post test tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t-tes. Sesuai dengan hasil analisis data nilai pre test jumlah perolehan skor nilai keseluruhan siswa 1367 dengan nilai rata-rata 59,43. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut dikarenakan kurangnya minat dan motivasi dari dalam diri siswa untuk belajar. Sesuai dengan hasil analisis nilai post test, di ketahui bahwa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Ts-Ts diperoleh jumlah skor nilai keseluruhan siswa adalah 1910 dengan nilai rata-rata 83,04. Faktor yang mempengaruhi tercapainya KKM siswa yaitu siswa dengan serius dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran dan siswa bebas berdiskusi, bertanya kepada teman kelompok maupun dari kelompok yang bertamu dan motivasi siswa sangat tinggi yang dibuktikan dengan Nilai t hitung adalah 4,701 (dikonsultasikan dengan nilai t tabel) d.b = N-1= 23-1= 22 pada taraf 0,05. Harga t 0,05 adalah= 1,717. Hal ini terlihat bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Ts-Ts terhadap pencapaian KKM siswa kelas XII SMTK Tarus Kabupaten Kupang yang dibuktikan dengan nilai rata-rata post test yang sudah mencapai KKM serta nilai rata-rata N-Gain yaitu 0,37 yang akurat dengan kategori Gain sedang. Pencapaian tingkat gain siswa ini dipengaruhi oleh keaktifan dan pemahaman siswa akan materi yang dipelajari saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Kata kunci : Tipe Two Stay-Two Stray (Ts-Ts) dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Keterangan : * Peneliti ** Pembimbing
217/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain