Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada materi Klasifikasi Tumbuhan kelas X SMA Negeri 1 Amanuban Timur tahun ajaran 2016/2017
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN KELAS X SMA N 1 AMANUBAN TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017
Solle,Y*) Natonis, D.A**) Daud,Y**) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran tipe Think Pair Share pada materi klasifikasi tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Amanuban Timur Tahun Ajaran 2016/2017. teknik pengumpulan data yaitu tes dengan menggunakan LKS teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif-deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa pada materi klasifikasi tumbuhan pada siswa kelas X SMA N 1 Amanuban Timur mengalami perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Perbaikan pembelajaran ini terbukti dari hasil kerja siswa dalam mengerjakan LKS pada siklus I dengan tingkat keberhasilan sebesar 73,3% dimana dari jumlah 30 siswa yang dinyatakan tuntas 22 siswa dan yang dinyatakan tidak tuntas tuntas dan 8 siswa, dan mengalami peningkatan pada siklus ke II dengan tingkat keberhasilan sebesar 83,33% dimana dari jumlah 30 siswa hanya 5 orang siswa yang dinyatakan tidak tuntas. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe think pair share dan Hasil Belajar Siswa Keterangan : *) = Peneliti **) = Pembimbing
219/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain