Skripsi
Modefikasi pembelajaran tolak peluru melalui permainan tolak sasaran bola berekor pada siswa kelas V SD GMIT Oenunutono kecamatan Amabi Oefeto Timur kabupaten Kupang Tahun 2016
SIROBI AGUS BETTY, NIM : 12320293, Modifikasi Pembelajaran Tolak
Peluru Melalui Permainan Tolak Sasaran Bola Berekor Pada Siswa
Kelas V SD GMIT Oenunutono Kecamatan Amabi Oefeto Timur
Kabupaten Kupang Tahun 2016. Universitas Kristen Artha Wacana,
PJKR-Olahraga, Pembimbing I Drs. Lambertus Ara Tukan, M.M,
Pembimbing II Benediktus Ndolu, S.Pd, M.Fis, AIFO.
Kata Kunci : Modifikasi, Tolak Peluru, Permainan, Tolak Sasaran, Bola
Berekor.
Dalam penelitian ini terdapat masalah pokok yaitu: Bagaimanakah
modifikasi pembelajaran tolak peluru di SD GMIT Oenunutono melalui
pendekatan permainan tolak sasaran bola berekor? Pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan sebagai bagian integral dari keseluruhan pendidikan,
oleh para pakar dinilai belum berjalan secara efektif. Belum efektifnya
pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah antara lain disebabkan oleh
rendahnya mutu para guru penjasorkes dalam pengajaran dan kurangnya
pembinaan terhadap kemampuan profesional guru penjas terhadap penerapan
pengajaran pada minat serta bakat siswa-siswi berupa pendekatan modifikasi
pembelajaran yang ditujukan untuk perbaikan situasi belajar mengajar penjas
di Sekolah Dasar. Oleh karena itu penelitian ini menitikberatkan
pembahasan pada peran dan kinerja guru dalam menyelenggarakan praktek
pengajaran di SD GMIT oenunutono, khususnya pada pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan
data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Subyek penelitian yang
dijadikan sumber data terdiri dari kepala sekolah, guru penjasorkes dan
siswa-siswi mengungkapkan bahwa pelaksanaan pengajaran pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar secara atministratif
dilaksanakan oleh para guru penjasorkes dengan cara memeriksa
kelengkapan satuan pelajaran, program semester dan tahun ajaran,
pencapaian target kurikulum dan daya serap siswa. Pelaksanaan pengajaran
cenderung mengarah pada kegiatan monitoring dan pengendalian terhadap
pelaksanaan kurikulum serta proses belajar mengajar di sekolah.
161/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain