Skripsi
Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dengan teknik student team achievement divisions (Stad) di kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW DENGAN TEKNIK STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS
VIII SMP NEGERI5 KOTA KUPANG
TAHUN AJARAN 2016/2017
Beliu, W.A) * Meha, M. A) ** Ndun, O)**
ABSTRAK
Masalah yang ditemukan pada kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Kupang adalah pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa selalu menciptakan suasana kelas menjadi ribut, kesadaran akan tugas dan kewajiban siswa sebagai peserta didikpun masih sangat minim interaksi dan kerjasama antarsiswa pada saat proses pembelajaran masih sangat minim, kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dalam kelas, siswa sering keluar masuk kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Kurangnya kesadaran dan motivasi dalam diri siswa untuk belajar. menyebabkan hasil belajar siswa masih sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dimana dalam proses pembelajaran siswa kurang termotivasi dan belum terlibat secara aktif dalam pembelajaran, serta kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran dalam kelas. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dan teknik Student Team Achievent Divisions (STAD). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016 yang berjumlah 407 orang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dari kelas VIIIG yang berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen I dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw dan kelas VIIIJ sebagai kelas eksperimen II dengan pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) yang masing-masing berjumlah 33 orang. Metode penelitian adalah Metode Eksperimen, teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, teknik analisis data menggunakan rumus uji “t†(Sugiyono 2015). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dan teknik Student Team Achievement Divisions (STAD) menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dengan teknik Student Team Achievement Divisions (STAD) dimana nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 1,92> 1,67. Dengan penggunaan kedua model pembelajaran tersebut membuat siswa bertanggung jawab dalam kerja sama tim dan membuat siswa lebih giat dalam belajar.
Keterangan :
Kata k
231/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain