Skripsi
Peningkatan hasil belajar IPA terpadu melalui strategi pembelajaran Guided Note Taking siswa kelas VIII 2 SMP Kristen 3 Soe Tahun Ajaran 2016/2017
ABSTRAK
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING SISWA KELAS VIII2 SMP KRISTEN 3 SOE TAHUN AJARAN 2016/2017
Unbanu, Y.P*) Bullu, N.I**) Metboki, M**)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan strategi pembelajaran guided note taking di SMP kristen 3 Soe kecamatan Kota Soe kabupaten Timor Tengah Selatan tahun ajaran 2016/2017. penelitian ini telah dilaksanakan di SMP kristen 3 Soe kecamatan kota kupang kabupaten Timor Tengah Selatan. penelitian ini adalah eksperimen dan teknik pengumpulan data dengan cara tes yang akan dianalisis menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dalam penggunaan strategi pembelajaran guided note taking terhadap hasil belajar siswa. Karena nilai thitung > ttabel atau 3,09 > 1,680. Hasil penelitian dapat menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking karena dengan menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking dalam proses pembelajaran di kelas maka dapat meningkatkan semangat belajar siswa, terciptanya suasana belajar yang kondusif, munculnya kegembiraan dalam belajar, mendorong dan mengembangkan proses berpikir siswa, adanya kesadaran untuk belajar lebih giat, membuat siswa lebih percaya diri dan siswa dapat memahami kata kunci dari materi pokok pelajaran. Oleh karena itu pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Kristen 3 Soe Kecamatan Kota Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan tahun ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi Guided Note Taking, IPA Terpadu
Keterangan :
224/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain