Skripsi
Analisis ketrampilan proses sains melalui pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) pada mata pelajaran biologi di SMA Advent NUSRA Tahun Ajaran 2016/2017
ABSTRAK
ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI
PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR PADA MATA PELAJARAN
BIOLOGI DI SMA ADVENT NUSRA TAHUN AJARAN 2016 /2017
*Saun Delima Elia Manu, T. S. N)** Daud, Y)**
Berdasarkan hasil observasi bahwa keterampilan proses sains siswa hanya terbatas
pada keterampilan observasi, bertanya dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui keterampilan proses sains yang paling dominan dijumpai dan respon siswa
terhadap pembelajaran melalui pendekatan Jelajah Alam Sekitar. Metode dalam penelitian
ini adalah metode deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah ddeskriptif
kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan lembar observasi dan angket
respon siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata persentase aspek keterampilan
proses sains yang muncul yaitu 91,1% dengan kategori muncul sesuai dan respon siswa
terhadap pembelajaran adalah 87%. Penelitan ini menunjukkan bahwa pendekatan jelajah
alam sekitar mampu mengungkap dan mengembangkan keterampilan proses sains siswa dan
respon siswa terhadap pembelajaran melalui pendekatan jelajah alam sekitar adalah siswa
setuju dengan adanya pembelajaran ini karena banyak melibatkan siswa secara aktif dalam
proses belajar. Keterampilan proses sains yang paling dominan dijumpai adalah aspek
observasi, klasifikasi dan prediksi dan respon siswa terhadap pembelajaran melalui
pendekatan jelajah alam sekitar adalah siswa setuju dengan pembelajaran ini karena siswa
terlibat aktif dalam proses belajar.
Kata kunci : Pendekatan Jelajah Alam Sekitar, Keterampilan Proses Sains
Keterangan :
*) Peneliti
**) Dosen Pembimbing
ABSTRACT
ANALISIS IS SKILL PROCESSES SCIENCE VIA ENVIRONMENTS
ROVING APPROACHING ON BIOLOGICAL SUBJECT AT SMA ADVENT
NUSRA SCHOOL YEAR 2016 / 2017
* Saun Delima Elia Manu, T. S. N)** Daud, Y)**
Base that observation result skill processes student science just confine to observation skill,
ask and communication. This research intent to know the most science process skill dominant being
met and student response to learning via ENVIRONMENTS roving approaching. Method in
observational it is descriptive method. analisis's tech data in observational it is kualitatif is
descriptive with tech data collecting which is with observation sheet and student response
questionnaire. Result observationaling to point out that aspect percentage average skill processes
emerging science which is 91,1% by appearance category accords and student response to learning
be 87%. Research this points out that environments roving approaching that reveal can and develop
science process skill student and student response to learning via environments roving approaching
be student agree with to mark sense this learning because a lot of involve active ala student in
processes studying. Skill processes the most science dominant be met is observation aspect,
classification and predicts and student response to learning via environments roving approaching be
student agree with this learning because active engaged student deep process studies.
Key word: Approaching Environment cruise , Science Process skill
Information:
*) Researcher
**) Counsellor lecturer
196/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain