Skripsi
Modefikasi pembelajaran lompat jauh menggunakan bola gantung pada siswa kelas IV SD GMIT Bakitba kecamatan Mollo Selatan kabupaten TTS Tahun 2016
ABSTRAK
MUSA HELBERTH TAOSU, NIM : 12320219, Modifikasi Pembelajaran Lompat Jauh Menggunakan Bola gantung Pada Siswa Kelas IV SD GMIT Bakitba Kecamatan Mollo Selatan Kabupaten TTS Tahun 2016. Universitas Kristen Artha Wacana, PJKR-Olahraga, Pembimbing I Drs. Lambertus Ara Tukan, M.M, Pembimbing II Jusuf Blegur, S.Pd, M.Pd.
Kata kunci : Lompat jauh, Alat bantu, Bola gantung
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu berdasarkan dari hasil observasi yang telah dilakukan di SD GMIT Bakitba khususnya kelas IV faktor penyebabnya yaitu belum adanya penggunaan modifikasi pembelajaran dalam pembelajaran penjas. Tujuannya Untuk mengetahui modifikasi pembelajaran Lompat Jauh menggunakan bola gantung pada siswa kelas IV SD GMIT bakitba. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskripif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peran peneliti dalam penelitian ini yaitu sebagai instrumen kunci, sedangkan informen dalan penelitian ini adalah: kepala sekolah, guru penjas, dan siswa. Berdasarkan hasil analisa dalam proses pembelajaran lompat jauh diikuti oleh 24 orang siswa kelas IV SD GMIT Bakitba Kecamatan Mollo Selatan Kabupaten TTS Tahun 2016 diperoleh bahwa selama proses belajar mengajar siswa-siswi sangat senang, ingin mencoba berulang -ulang, dan antusias dalam melakukan gerakan tersebut, dikarenakan penggunaan modifikasi bola gantung dalam pembelajaran lompat jauh di anggap baru. Bagi siswa, agar lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran olahraga atletik khususnya lompat jauh ataupun olahraga yang lain. Bagi guru penjas, agar jangan berpatokan pada media yang di siapakan oleh sekolah,tapi harus mampu memodifikasi dan menciptakan suasana yang menyenangkan ketika dalam proses pembelajaran, dengan kreatif membuat pembelajaran menarik baik menggunakan media ataupun tidak sehingga tujuan dari pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
143/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain