Skripsi
Survei kinerja guru penjasorkes dalam merancang kegiatan pembelajaran yang efektif di SD Negeri se-kecamatan Pantar kabupaten Alor Tahun 2016
ABSTRAK
Daud Karel Serang, 12320059: Survei Kinerja Guru Penjasorkes Dalam
Merancang Kegiatan Pembelajaran Yang Efektif Di SD Negeri Se-
Kecamatan Pantar, Kabupaten Alor Tahun 2016.Pembimbing I dan
Pembimbing II Adalah: Bapak Agustinus J. Nafie, S.Pd. M.Or dan Bapak Jimmy
CH. Atty, S.Pd. M.Fis.
Kata Kunci :Kinerja Guru Penjasorkes
Tujuan penelitian ini guna mengetahui sejauh mana kinerja guru dalam
merancang kegiatan pembelajaran penjasorkes.
Sejatinya kinerja guru adalahwujudprilaku, tindakanseorang guru
dalammerencanakan, melaksanakaandanmenilaihasilbelajardarisuatu proses
pembelajaran.
Guru harusdapatdanmampumencarisertamengaliinformasi yang
berkaitandenganmarteri-materipembelajaran, apersepsi, motivasisiswa,
penggunaan media pembelajaran, mengorganisasiwaktu,
pemanfaatanfasilitasbelajardanpenilaian proses hasilbelajar.
Untuk mencapai tinggkat keberhasilan tersebut maka seorang guru atau tenaga
pengajar harus memiliki loyalitas atau kinerja yang baik.
Guru harus dapat mencari serta mengali informasi yang berkaitan dengan materimateri,
apersepsi, motivasi siswa, penggunaan media pembelajaran,
mengorganisasi waktu, pemanfataan fasilitas belajar dan penilaian proses hasil
belajar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang di pusatkan
pada sub pokok permasalahan sekarang. Data yang dikumpulkan disusun dan
kemudian dianalisa. Populasi dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes di SD
negeri se-kecamatan pantar yang berjumlah 7 orang guru. Jumlah populasi yang
terbatas maka seluruh populasi dapat dijadikan sampel.
Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik wawancara dan
pengamatan secara langsung terhadap proses pembelajaran didalam kelas dan luar
kelas dengan 7 orang guru penjasorkes di SD negeri se-kecamatan pantar pada
sekolah-sekolah tersebut. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis
deskriptif dan kemudian penulis menarik kesimpulan berdasarkan hasil olahan
data penelitian, maka dapatdisimpukan kinerja guru dalam merancang kegiatan
pembelajaran merupakan rencana tindakan (kegiatan) termaksuk penggunaan
metode dan pemanfatan sumber belajar atau kekuatan dalam pembelajaran ini
berarti kinerja yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu artinya arah dari
semua keputusan penyusunan kinerja adalah pencapaian tujuan tertentu. Oleh
sebab itu sebelum menentukan kinerja perluh dirumuskan tujuan yang jelas dan
dapat diukur tinggkat keberhasilannya. Kesimpulan adalah kinerja yang dilakukan
oleh guru penjasorkes di SD negeri se-kecamatan pantar cukup baik, karena
dengan kemampuan yang dimiliki oleh guru tersebut dapat mencapai tujuan dari
pembelajaran, karena sangat penting dalam proses pembelajaran agar dapat
mencapai tujuan dan hasil pencapaian yang diinginkan dari siswa-siswi dan juga
guru dalam proses aktivitas belajar mengajar pada mata pelajaran pendidikan
jasmani kesehatan dan rekreasi.
139/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain