Skripsi
Pengembangan perangkat pembelajaran model tematik untuk siswa kelas III Sekolah Dasar Masehi Praipaha Tahun Ajaran 2016/2017
ABSTRAK
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar Masehi Praipaha Tahun Ajaran 2016/2017.
Praing, R.E.N)* Manggoa,M.A)** Natonis,D.A)**
Pembelajaran tematik diharapkan peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung, sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima, menyimpam, dan memproduksi kesan-kesan tentang hal-hal yang dipelajarinya. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk dilakukan suatu kajian terhadap penerapan pembelajaran tematik bagi siswa Sekolah Dasar. Untuk itu maka dalam penelitian ini penulis mengkaji masalah penelitian Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Model Tematik pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Masehi Praipaha. Untuk memecahkan masalah dalam penelitian ini maka penulis melakukan penelitian dengan dengan model pengembangan, prosedur pengembangan dan uji coba produk. Dalam uji coba produk berisi butir-butir rancangan uji coba, jenis data, istrumen pengumpulan data, dan teknik analisa data. Dalam penelitian yang dilakukan dapat diketahui; respon siswa terhadap pembelajaran pengembangan perangkat pembelajaran model tematik mencapai 90,25 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran model tematik dapat menentukan pencapaian tujuan pembelajaran di tinjau dari respon siswa, dimana lebih banyak siswa yang memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan ketentuan lebih dari 80% siswa. Sedangkan hasil belajar dari 32 orang siswa yang diteliti berada pada kisaran interval nilai 70 -75 atau kisaran nilai terrendah sebanyak 4 orang siswa dengan persentase 22,50%, sedangkan 28 orang siswa lainnya berada pada kisaran interval nilai 76 – 100. Selain itu, hasil evaluasi yang dilakukan di sekolah menunjukkan bahwa dari aspek proses pembelajaran, terlihat terjadinya peningkatan kemampuan siswa dalam bertanya, mengeluarkan pendapat dan bekerjasama. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik tidak hanya memberikan dampak terhadap aktivitas belajar siswa juga terhadap penguasaan materi pembelajaran.
Kata kunci : pengembangan, Perangkat Model Pembelajaran Tematik.
Keterangan : *Mahasiswa
**Dosen Pembimbing
282/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain