PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Skripsi

Pengembangan perangkat pembelajaran model tematik untuk siswa kelas III Sekolah Dasar Masehi Praipaha Tahun Ajaran 2016/2017

PRAING, Rambu Ervin Namu - Nama Orang;

ABSTRAK
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar Masehi Praipaha Tahun Ajaran 2016/2017.
Praing, R.E.N)* Manggoa,M.A)** Natonis,D.A)**
Pembelajaran tematik diharapkan peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung, sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima, menyimpam, dan memproduksi kesan-kesan tentang hal-hal yang dipelajarinya. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk dilakukan suatu kajian terhadap penerapan pembelajaran tematik bagi siswa Sekolah Dasar. Untuk itu maka dalam penelitian ini penulis mengkaji masalah penelitian Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Model Tematik pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Masehi Praipaha. Untuk memecahkan masalah dalam penelitian ini maka penulis melakukan penelitian dengan dengan model pengembangan, prosedur pengembangan dan uji coba produk. Dalam uji coba produk berisi butir-butir rancangan uji coba, jenis data, istrumen pengumpulan data, dan teknik analisa data. Dalam penelitian yang dilakukan dapat diketahui; respon siswa terhadap pembelajaran pengembangan perangkat pembelajaran model tematik mencapai 90,25 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran model tematik dapat menentukan pencapaian tujuan pembelajaran di tinjau dari respon siswa, dimana lebih banyak siswa yang memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan ketentuan lebih dari 80% siswa. Sedangkan hasil belajar dari 32 orang siswa yang diteliti berada pada kisaran interval nilai 70 -75 atau kisaran nilai terrendah sebanyak 4 orang siswa dengan persentase 22,50%, sedangkan 28 orang siswa lainnya berada pada kisaran interval nilai 76 – 100. Selain itu, hasil evaluasi yang dilakukan di sekolah menunjukkan bahwa dari aspek proses pembelajaran, terlihat terjadinya peningkatan kemampuan siswa dalam bertanya, mengeluarkan pendapat dan bekerjasama. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik tidak hanya memberikan dampak terhadap aktivitas belajar siswa juga terhadap penguasaan materi pembelajaran.
Kata kunci : pengembangan, Perangkat Model Pembelajaran Tematik.
Keterangan : *Mahasiswa
**Dosen Pembimbing


Ketersediaan
282/17PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 12 KIP/IPT 17
Penerbit
Kupang : UKAW FKIP-IPT., 2017
Deskripsi Fisik
ix, 49.; ilus.; bibl.; lamp.; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 370.152 3 072 598 552
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
BELAJAR, METODE--PENELITIAN--KAB. SUMBA TIMUR
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rambu Ervin Namu Praing
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik