Skripsi
Strategi Guru meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk bertanya dalam Kegiatan Pembelajaran agama Kristen di SMP Negeri 20 Kupang Tahun ajaran 2016/2017
ABSTRAK STRATEGI GURU MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA UNTUK BERTANYA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN AGAMA KRISTEN DI SMPN 20 KUPANG TAHUN AJARAN 2016/2017 *Bore O *Natonis A.D *Tnunay P Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat banyak siswa yang tidak memiliki rasa percaya diri dalam kegiatan pembelajaran sehingga prestasi belajar mereka rendah.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi guru mengkondisikan siswa untuk percaya diri agar bertanya dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 20 Kupang�.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu istrategi guru meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk bertanya dalam pembelajaran mata pelajaran Agama Kristen di SMP Negeri 20 Kupang. Kegunaan penelitian ini adalah: (1) sebagai bahan informasi bagi guru dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk bertanya dalam pembelajaran mata pelajaran Agama Kristen, (2) Sebagai wahana bagi penulis untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dibangku kuliah, (3) Sebagai bahan referensi bagi pihak lain yang ingin mengadakan penelitian lebih lanjut dalam aspek yang sama. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal sebagai berikut: (1) Metode mengajar yang digunakan guru SMP Negeri 20 Kupang tergolongbaik, sehingga banyak siswa memahami materi pelajaran yang disampaikan dalam pembelajaran di kelas, (2) Teknik mengajar yang digunakan guru SMP Negeri 20 Kupang menurut pararesponden termasuk cukup baik karena dikuasai oleh guru dalam penerapannya dengan demikian sebagian besarsiswa memiliki rasa percaya diri yang diindikasikan dari keinginan bertanya dalam kelas, dapat membuat pertanyaan yang logis, mampu membuat kalimat yang efektif dalam bertanya, (3) Taktik penerapan metode mengajar guru pada dasarnya belum tergolong baik karena terdapat kendala penguasaan yang masih rendah dan partisipasi siswa masih tergolong rendah, (4) Strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa adalah memodifikasi metode pembelajaran, ceramah, tanyajawab dan diskusi. Akan tetapi belum efektif karena kesadaran siswa untuk berpartisipasi aktif di kelas masih tergolongrendahdanhaltersebutmembutuhkanperhatiankhususdari guru matapelajaran agama Kristen untukmemperbaikinya. Kata kunci :Pendekataninkuiry (aktivitassiswa) dankemampuanbertanyasiswa.
293/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain