Skripsi
Hubungan Peranan Guru Sebagai Motivator dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAK dikelas VIII SMP Negeri 2 Kota Kupang tahun ajaran 2016/2017
ABSTRAK
Hubungan Peranan Guru sebagai Motivator dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAK di SMP Negeri 2 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017.
Wandal, Y.K)* Tnunay,P )** Manu, L)**
Rumusan masalah dalam penelitian ini penelitian ini berdasarkan adalah Apakah ada hubungan peranan guru sebagai motivator dengan motivasi belajar siswa Khususnya Pelajaran PAK Dikelas VIII SMP Negeri 2 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui Hubungan Peranan Guru Sebagai Motivator Dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAK Pada kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh siswa-siswi Agama Kristen Protestan kelas VIII terdiri dari laki-laki 271 orang dan perempuan 318 orang, jadi jumlah keseluruhan siswa-siswi Agama Kristen Protestan pada kelas VIII berjumlah 589 orang di SMP 2 Negeri Kota Kupang, sebagai sampel dalam penelitian ini adalah Siswa-Siswi Agama Kristen Protestan dikelas VIIIC 16 Orang. Metode Penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini adalah Expost fakta. Teknik Pengumpulan Data yang dipakai adalah Observasi dan Angket yaitu penulis melihat secara langsung kegiatan pembelajaran dikelas dan setelah selesai pembelajaran angket dibagikan kepada informen untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan sesuai dengan pengalaman yang pernah dialami dilapangan. Selanjutnya Teknik Analisis Data yang dipakai adalah Korelasi product moment, teknik ini dipakai untuk menganalisis data yang diperoleh dari siswa. Data dari penelitian ini didapatkan dan dipakai penulis untuk kepentingan studi serta menjadi bahan sumbangsi bagi pihak maupun berusaha untuk terus belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengujian diperoleh R hitung =0,98 R tabel = 0,497 atau R hitung >R tabel. Dengan demikian maka HO ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian maka hubungan antara variabel X terhadap Variabel Y terbukti secara empiric.Kesimpulan dari penelitian adalah adalah “Ada hubungan yang signifikan antara peran guru sebagai motivator dengan motivasi belajar siswaâ€ÂÂ, karena Rhitung = 0,98 lebih besar Rtabel 0,497 atau (0,98 > 0,497) pada kepercayaan 95% dan taraf kesalahan 5 % dengan n = 16. Saran yang dapat disampaikan antara lain: Pihak sekolah hendaknya mengupayakan buku-buku pelajaran sehingga dapat dipinjamkan kepada siswa, dan dengan demikian banyak waktu tidak diperuntukkan untuk mencatat tapi digunakan untuk latihan, Menambahkan jam belajar diluar jam pelajaran disekolah sehingga siswa dapat berkesempatan untuk belajar. Diharapkan kepada siswa-siswi agar dapat mempunyai kesempatan untuk giat dan harus memiliki motivasi dalam diri siswa supaya mempunyai keinginan untuk belajar. Kata kunci :Peranan Guru, Motivator, Motivasi Belajar Siswa
Keterangan : * Mahasiswa
**Dosen pembimbing
301/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain