Skripsi
Peran Guru PAK sebagai pembimbing bagi remaja bermasalah di SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2016/2017
ABSTRAK
PERAN GURU PAK SEBAGAI PEMBIMBING BAGI REMAJA BERMASALAH DI SMA NEGERI 2 KUPANG TAHUN AJARAN 2016/2017
BERNIKHE SA’U*) Pdt. J.P. LEDO,M.Th, M.Ed**) PAULUS TNUNAY, M.Pd**)
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Bagaimana peran guru PAK sebagai pembimbing dalam menghadapi remaja bermasalah ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAK sebagai pembimbing dalam menghadapi remaja bermasalah. Untuk mendapat data yang akurat maka teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik angket yaitu dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara tertulis kepada responden dan dijawab secara tertulis pula dengan memberi tanda centang pada tempat yang disediakan dan dokumentasi yang mengambil gambar pada setiap saat penelitian berlangsung yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian ditemukan bahwa : 1) remaja bermasalah, siswa/I di SMA NEGERI 2 Kupang sering melakukan tindakan bermasalah dalam masa perkembangan. Masalah yang dilakukan remaja seperti mengkonsumsi minuman berakohol, bolos pada jam pelajaran sedang berlangsung, melakukan atau bahkan menonton video porno, dan mengikuti tauran antar pelajar. Siswa/I yang sering melakukan tindakan bermasalah tersebut sudah mendapat tindakan dari guru, seperti tindakan refresif, presventif dan kuratif. Namun siswa/I tersebut masih melakukan kesalahan yang sama. 2) peran guru PAK sebagai pembimbing, guru PAK sebagai pembimbing telah melakukan perannya sebagai pembimbing,yang mana guru PAK telah melakukan tindakan refresif, preventif dan kuratif,dengan melakukan tindakan tersebut guru berharap agar siswa/I dapat berubah dan tidak lagi melakukan kesalahan yang sama dimasa perkembangan mereka. Disimpulkan bahwa peran guru PAK sebagai pembimbing bagi remaja bermasalah perlu lebih di tingkatkan lagi. Dengan dilakukannya tindakan-tindakan seperti tindakan preventif, refrentif dan kuratif, guru PAK berharap dapat menolong serta membimbing siswa/i yang sering melakukan tindakan bermasalah pada masa perkembangan mereka untuk tidak melakukannya lagi. Karena pada masa perkembangan mereka ini, masalah-masalah yang sering mereka lakukan akan dapat berdampak buruk apabila tidak ditanggulangi. Akan tetapi siswa/I yang sering melakukan tindakan bermasalah ini, masih melakukan masalah meski telah diberikan bimbingan, nasehat, sanksi dan teguran. Untuk itu diperlukannya kerja sama yang baik antara guru PAK, guru BK dan orangtua. Oleh karena pendidikan dan didikan pertama itu anak dapati dari orangtua. Sehingga anak bukan saja tanggungjawab guru, melainkan tanggungjawab bersama antara orangtua dan guru demi menolong anak dari kenakalan remaja dimasa perkembangan mereka.
Kata-kata kunci : Remaja Bermasalah, Peran Guru PAK
290/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain