Skripsi
Identifikasi Gaya-gaya belajar siswa dalam pembelajaran pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 kota Kupang tahun ajaran 2016/2017
ABSTRAK
MOKONI LINDAMAN HINDRIANCE, NIM : 11110112, 2016, Program Studi Ilmu Pendidikan Teologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana Kupang,Judul: “IDENTIFIKASI GAYA-GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 1 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2016/2017â€ÂÂ. **Henukh A *** Manggoa M
Yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya multi prilaku siswa yang mengindikasikan kurang efektif dalam belajar. Dimana ada perilaku yang arogan atau cepat tersinggung ketika mengalami gangguna dari siswa lain pada saat belajar. Adapula siswa yang prilakunya selalu mengganggu, pendiam, dan sering keluar masuk saat jam belajar berlangsung. Sisi lainnya ada siswa yang sulit menjawab pertanyaan, gugup dan tegang, serta perilaku acuh atau tidak peduli terhadap aktivitas belajar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar siswa SMP Negeri 1 Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif yakni penulis menggambarkan tentang gaya-gaya belajar siswa yang merupakan gejala yang terjadi pada lokasi penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kota Kupang kelas VIII G yang berjumlah 40 Orang, lokasi penelitian adalah SMP Negeri 1 Kota Kupang. Untuk mendapatkn data yang akurat maka teknik pengumpulan data berupa angket dan observasi. Hasil penelitian data menunjukan bahwa dari 40 siswa memiliki ketiga gaya belajar, yang terdiri dari gaya belajar visual (16), gaya belajar auditorial (6), dan gaya belajar kinestetik (18). Diantara ketiga gaya belajar tersebut hasil menunjukan bahwa, gaya belajar yang dominan dimiliki oleh siswa adalah gaya belajar kinestetik 18, kemudian disusul dengan gaya belajar auditorial 16 dan yang terakhir yaitu gaya belajar auditori 6. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 1. Gaya belajar kinestetik dimiliki oleh 18 orang siswa atau (45%) 2. Gaya belajar visual dimiliki oleh 16 siswa atau (40%), 3. Gaya belajar auditorial dimiliki oleh 6 orang siswa atau (15%). Adapun saran- saran : 1. Siswa; Setiap siswa wajib dengan serius dan bertanggung jawab dalam setiap proses pembelajaran, dengan mengenal secara baik gaya-gaya belajar, 2. Guru/pendidik; Setiap guru wajib menuntun dan mendidik siswa dengan mengidentifikasi secara saksama setiap gaya belajar siswa, sehingga setiap manajemen pembelajaran mencapai sasaran dan optimal, 3. Pemerintah; Kepada pemerintah agar dapat memfasilitasi setiap kebutuhan pendidikan, agar guru dan siswa boleh memanfaatkan fasilitas tersebut sebagai sarana dan media pembelajaran dalam mempermudah serta melancarkan aktivias pembelajaran.
Kata Kunci : Gaya-Gaya Belajar, Pembelajaran.
** Pembimbing I
*** Pembimbing II
291/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain