Skripsi
Hubungan Kecerdasan Emosional (EQ)dengan Prestasi belajar pendidikan Agama Kristen (PAK)siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2015/2016
ABSTRAK
“Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen (PAK) Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016â€ÂÂ. (Skripsi) Jurusan Ilmu Pendidikan, Program Studi Ilmu Pendidikan Teologi. Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Trifolce M. Hambaora*) Paulus Tnunay, S.Pd, M.Pd**) Drs. Lukas Manu, M.Pd**) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman umum bahwa keberhasilan siswa dalam meraih prestasi belajar yang tinggi ditentukan oleh kecerdasan intelektual yang tinggi juga. Namun hal yang sering ditemukan adalah kemampuan intelektual tidak selalu sejalan dengan prestasi belajar yang diperoleh, sehingga dalam penelitian ini peneliti mengemukakan variabel lain yaitu kecerdasan emosional. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang positif dn signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar PAK siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kupang pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar PAK siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan di SMA Negeri 4 Kupang, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang khususnya pada kelas XI. Sampel diambil secara acak dari populasi yang diteliti. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji kecerdasan emosional dan dokumentasi nilai UAS Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Korelasi Product Moment, Uji Signifikansi dan Koefisien Determinasi. Hasil uji korelasi menunjukkan rhitung > rtabel (0,471 > 0,244), yang dikonsultasikan pada taraf signifikan 0,05 dengan N-1=70-1=69. Hasil uji signifikasi menunjukkan thitung > ttabel (4,402 > 1,671), yang dikonsultasikan pada taraf signifikan 0,05 dengan N-1=70-1=69. Dari hasil tersebut, maka rumusan H1 diterima dimana terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar PAK siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016 dan rumusan H0 yang menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar PAK siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016 ditolak. Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan sumbangan kecerdasan emosional sebesar 22,1%, sedangkan 77,9% lainnya disumbangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Untuk peneliti selanjutnya agar dapat mempertimbangkan variabel lain yang dapat digunakan untuk diteliti bersama dengan kecerdasan emosional.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient), Prestasi Belajar
292/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain