Skripsi
Hubungan Antara Pengelolaan Kelas dan Prestasi Belajar pada SD Bigmela Kecamatan Amfoang Selatan Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2015/2016
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA PENGELOLAAN KELAS DAN PRESTASI BELAJAR PADA SD NEGERI BIKMELA KECAMATAN AMFOANG SELATAN KABUPATEN KUPANG TAHUN AJARAN 2015/ 2016.
Abukun ,A)* Natonis,D)** Henukh,A)** Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan manusia yang tidak dapat ditingggalkan. Dalam proses pembelajaran yang sangat diharapkan adalah keaktifan siswa. Dalam kegiatan pembelajaran diharapkan agar siswa aktif. Tetapi berdasarkan pengamatan di SD Negeri Bikmela Amfoang Selatan siswa lebih banyak diam dan malas bertanya saat berlangsungnya proses pembelajaran sehingga menyebabkan prestasi belajar yang menurun sehingga mereka tidak mencapai KKM. Dari masalah tersebut maka penulis melakukan penelitian karya ilmiah dengan judul “Hubungan Antara Pengelolaan Kelas dan Prestasi Belajar pada SD Negeri Bikmela Kecamatan Amfoang Selatan Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2015/2016â€ÂÂ. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan antara pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar?. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bikmela Tahun Ajaran 2015/2016, dengan jenis penelitian metode Asosiatif, teknik pengumpulan data melalui angket atau Quisioner. Dari hasil analisis yang sudah dibuat diketahui bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dengan prestasi belajar siswa yaitu sebesar 0,44. Dari hasil analisis data yang dihitung dapat diketahui rxy sebesar 0,44 termasuk dalam tingkat hubungan yang cukup kuat dan terletak diantara interval koefisien 0,40-0,60. Dengan demikian secara sederhana dapat kita berikan interpretasi terhadap rxy yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Bikmela sebesar 0,44 yang terletak diantara 0,40-0,60.Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa R sebesar 0,468menurut ketentuan yang telah ditetapkan, angka ini terletak antara 0.40-0.60 yang termasuk kategori cukup kuat. Dengan tingkat korelasi R sebesar 0,468, maka hasil perhitungan kontribusi (R Square / Koefisien Determinasi) atau hubungan pengelolaan kelas (variabel x) terhadap prestasi belajar (variabel y) adalah 0,44²x100%= 19,36%.
Kata kunci: Pengelolaan kelas, dan Prestasi Belajar
Keterangan:
*: penulis ** : Pembimbing
316/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain