Skripsi
Pengaruh Penggunaan Media Visual dalam Proses pembelajaran PAK terhadap Peningkatan hasil belajar Siswa Kelas V SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang, tahun ajaran 2015/2016
ABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD GMIT KUANINO 3 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2016/2017 Pae, R)* Manggoa, M)** Henukh, A)**
Masalah yang ditemukan di lokasi penelitian adalah Guru-guru yang mengajar tidak memanfaatkan media pembelajaran yang ada sehingga proses belajar mengajar terlihat monoton dan kurang menarik. Hal ini mengakibatkan Rendahnya prestasi belajar siswa. Masalah pokok pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media visual dalam proses pembelajaran PAK terhadap hasil belajar siswa kelas V SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang tahun ajaran 2016/2017?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui taraf signifikan pengaruh penggunaan media visual dalam proses pembelajaran PAK terhadap hasil belajar siswa kelas V SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. desain yang di gunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design.Berdasarkan uji statistik yangtelah dilakukan, terlihat bahwa prestasi belajar siswa yangmenggunakan media visual lebih tinggi daripadapembelajaran yang tidak menggunakan media visual.Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rataprestasi belajar PAK yangdiperoleh dari kelas pretest dan posttest, dimana nilairata – rata posttest 81,90 danpretest 57,14. Sedangkan Hasil yang ditunjukkan dengan thitung adalah 6,51 sedangkan ttabel 1,725. Berdasarkan kaidah keputusan, bahwa thitung> ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak artinya ada pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa di SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang Tahun Ajaran 2015/2016.Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus N-Gain maka siswa dengan kriteria rendah yaitu g
310/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain