Skripsi
Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAK terhadap perekembangan Kepribadian peserta didik pada SMP Negeri 20 Kota Kupang tahun ajaran 2015/2016
ABSTRAK
PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAK TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK PADA SMP NEGERI 20 KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2015/2016
Bora O) * Pabala P P)** Henukh A )**
Berdasarkan pengamatan peneliti dalam masa praktek pengalaman lapangan di SMP Negeri 20 Kota Kupang, ditemukan adanya perkembangan kepribadian peserta didik yang belum optimal dalam proses belajar. Hal ini dilihat dari tugas yang diberikan oleh guru dan tidak dikerjakan oleh peserta didik, selain itu tidak adanya kesiapan disaat guru memberikan ujian, sehingga berdampak pada prestasi belajar peserta didik, karena banyak peserta didik yang nilainya tidak tuntas pada mata pelajaran PAK. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Apakah ada pengaruh kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Kristen terhadap perkembangan kepribadian peserta didik tahun ajaran 2015/2016 di SMP N 20 Kota Kupang? Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah penilitian Deskritif. Populasi penilitian ini adalah kelas VII dengan jumlah161 orang. Sampel terdiri dari 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Selanjutnya data diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t. Setelah diperoleh nilai t hitung maka selanjutnya di konsultasikan ke ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan db= n-1=30-1 = 29. Dimana - t hitung = - 12,571 dan t tabel = 1,699. Dengan demikian t hitung lebih besar dari t tabel sehingga dapat disimpulkan H1 di terima dan H0 di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru PAK terhadap perkembangan kepribadian peserta didik di SMP Negeri 20 Kota Kupang tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Kompetensi, Kepribadian, Perkembangan Kepribadian peserta didik. Keterangan : * Penulis ** Dosen pembimbing
313/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain