Skripsi
Evaluasi Program Pelayanan Pusat Pengembangan Anak(PPA)IO-640 Elpido dengan pendekatan Model Discrepancy di Gereja Eklesia Bolok Tahun 2016
ABSTRAK
EVALUASI PROGRAM PELAYANAN PUSAT PENGEMBANGAN ANAK (PPA) IO-640 ELPIDO DENGAN PENDEKATAN MODEL DSCREPANCY DI GEREJA EKLESIA BOLOK
Drs. Lukas Manu S.Pd, M.Pd*) Melkias A Manggoa S.Pd, M.Pd*) Ek D.M Tauk**) Permasalahan dalam penelitian ini yaitu perilaku yang ditunjukan anak yang mengikuti PPA sama dengan anak yang tidak mengikuti PPA diantaranya nakal, melawan orang tua dan lain-lain. Tujuan penelitian untuk mengetahui program pelayanan pusat pengembangan anak (PPA) dalam pengembangan perilaku anak usia 12-14 tahun. Metode penelitian yaitu model deskriptif, dengan anaisis kualitatif menggunakan model yang dikembangkan Malcolm Provus. Model discrepancy atau kesenjangan program. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan angket.Hasil penelitian evaluasi design (rancangan), proses penyusunan program kerja semua mentor terlibat didalamnya dan semua mentor menyampaikan pendapat mengenai program yang dipakai. Evaluasi installation (program), program PpA IO 640 yaitu pelaksanaan wajib intelektual : pendidikan anak, kursus bahasa inggris, komputer, musik tradisional (sasando) dan musik modern. Spritual : materi kurikulum. Fisik : pemeriksaan kesehatan oleh dokter, taman gizi (anak-anak diberikan makanan pada saat kegiatan), vitamin, obat cacing, peralatan mandi. Sosio emosional : anak bersosialisasi lewat program life skill (minat dan bakat anak) yaitu bengkel kayu, las, tata boga, civ babi dan tenunan. program yang disusun sesuai dengan pedoman PPA, tujuan program yang ditetapkan dalam perencanaan sesuai dengan kebutuhan peseta didik. Evaluasi proses, para koordinator, staf dan mentor menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan bidangnya masing-masing, pelaksanaan program sesuai dengan desain program yang ditetapkan karena mentor mengikuti desain yang ditetapkan, waktu pelaksanaan program sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, biaya pelaksanaan program sesuai dengan yang ditetapkan yaitu biaya dalam setiap program diatur oleh staf oleh karena itu staf harus melihat kondisi program yang dicapai, dalam semua program ada terdapat program unggulan yaitu program intelektual yaitu anak dapat menunjukan tingkat kemampuannya dala bermain musik modern (sasando) dan musik modern ( gitar) dan program life skill ( minat dan bakat anak) yaitu program bengkel kayu. Evaluasi produk, semua program dijalankan sesuai dengan prosedure yang ada sehingga semua program dapat mencapai tujuan. Perubahan atau hasil yang diperoleh yaitu bidang intelektual : tingkat kreatifitas anak meningkat, ketrampilan bakat mulai terlihat, bidang spiritual peningkatan kehidupan rohani anak, sosio emosional : perilaku yang ditunjukan anak baik.
Kata Kunci :Pelayanan Pusat Pengembangan Anak * : Pembimbing ** : Penulis
289/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain