PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Skripsi

Tinjauan tentang peranan guru dalam memotivasi siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Penjas Orkes di SMP Negeri 1 Kota Kupang

WAREMRA,Ida Morina - Nama Orang;

ABSTRAKSI
IDA MORINA WAREMRA, NIM 12320137. “ TINJAUAN TENTANG PERANAN GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI 1 KOTA KUPANG “ Program Studi PJKR Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Artha Wacan Kupang. Pembimbing (1) Agustinus J. Nafie, SPd, M.Or Pembimbing (II) Fredik Nope, SPd, M.Or.
Kata Kunci: Peranan, Motivasi, Pembelajaran
Peranan guru penjasorkes bertujuan untuk meningkatkan kualitas litabelajar siswa dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan juga penting dalam kehidupan manusia di mana memiliki fungsi untuk menciptakan keseimbangan antara jasmani dan rohani. Dengan demikian maka dalam penelitian ini mengkaji lebih lanjut dengan masalah pokok yang di kemukakan oleh peneliti yakni: Bagaimana peranan guru penjasorkes dalam memotivasi siswa? Untuk memperoleh data yang akurat, penulis menggunakan metode penelitian deskritif naturalistic dengan pendekatan kualitatif yakni dengan menggambarkan siswa di SMP Negeri 1 Kota Kupang. Bentuk analisis secara kulitatif, teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal seperti: jumlah siswa begitu banyak sehingga sarana prasarana tidak mencukupi atau tidak memadai dengan demikian guru memodivikasi alat yaitu: cakram dari piring, lembing dari bambu, pembatas lapangan dari botol aqua yang berisi pasir, dan juga motivasi yang di berikan dalam proses pembelajaran seperti motivasi intrinsic (dorongan dari diri sendiri), motivasi ekstrinsik (datang dari luar ). Untuk memberikan kebugaran dan juga merasa gembira dalam diri peserta didik diharapkan agar guru penjasorkes harus bisa memahami tujuan pelaksanaan pembelajaran dengan baik sehingga siswa tidak merasa jenuh dengan pembelajaran penjasorkes yang sedang mereka pelajari dengan kata lain guru harus menggunakan metode soetic atau projektif agar siswa tidak merasa jenuh akan proses pembelajaran.


Ketersediaan
696/17PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 88 KIP-OR 17
Penerbit
Kupang : UKAW FKIP-PJKR., 2017
Deskripsi Fisik
xiii, 55 hal.; bibl.; lamp.; ilus.; 30 cm
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 371.0 072 598 559
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN DAN LATIHAN JASMANI--PENELITIAN--KUPANG
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ida Morina Waremra
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik