Skripsi
Tinjauan tentang peranan guru dalam memotivasi siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Penjas Orkes di SMP Negeri 1 Kota Kupang
ABSTRAKSI
IDA MORINA WAREMRA, NIM 12320137. “ TINJAUAN TENTANG PERANAN GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI 1 KOTA KUPANG “ Program Studi PJKR Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Artha Wacan Kupang. Pembimbing (1) Agustinus J. Nafie, SPd, M.Or Pembimbing (II) Fredik Nope, SPd, M.Or.
Kata Kunci: Peranan, Motivasi, Pembelajaran
Peranan guru penjasorkes bertujuan untuk meningkatkan kualitas litabelajar siswa dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan juga penting dalam kehidupan manusia di mana memiliki fungsi untuk menciptakan keseimbangan antara jasmani dan rohani. Dengan demikian maka dalam penelitian ini mengkaji lebih lanjut dengan masalah pokok yang di kemukakan oleh peneliti yakni: Bagaimana peranan guru penjasorkes dalam memotivasi siswa? Untuk memperoleh data yang akurat, penulis menggunakan metode penelitian deskritif naturalistic dengan pendekatan kualitatif yakni dengan menggambarkan siswa di SMP Negeri 1 Kota Kupang. Bentuk analisis secara kulitatif, teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal seperti: jumlah siswa begitu banyak sehingga sarana prasarana tidak mencukupi atau tidak memadai dengan demikian guru memodivikasi alat yaitu: cakram dari piring, lembing dari bambu, pembatas lapangan dari botol aqua yang berisi pasir, dan juga motivasi yang di berikan dalam proses pembelajaran seperti motivasi intrinsic (dorongan dari diri sendiri), motivasi ekstrinsik (datang dari luar ). Untuk memberikan kebugaran dan juga merasa gembira dalam diri peserta didik diharapkan agar guru penjasorkes harus bisa memahami tujuan pelaksanaan pembelajaran dengan baik sehingga siswa tidak merasa jenuh dengan pembelajaran penjasorkes yang sedang mereka pelajari dengan kata lain guru harus menggunakan metode soetic atau projektif agar siswa tidak merasa jenuh akan proses pembelajaran.
696/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain