Skripsi
Penanganan Kesulitan Belajar siswa dengan Strategi Motivasi dalam Proses Pembelajaran Penjas Orkes di SD GMIT Manumuti Kabupaten Kupang
ABSTRAKSI
VALERIUS T. A. GAGOK, NIM : 13320285. PENANGANAN KESULITAN BELAJAR SISWA DENGAN STRATEGIMOTIVASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SD GMIT MANUMUTI KABUPATEN KUPANG. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pembimbing (I) Ramona M. Mae, S.Pd. M.Or. pembimbing (II) Jusuf Blegur, S.Pd, M.Pd. Sesuai dengan latar belakang tentang penanganan kesulitan belaja dengan strategi motivasi. pendidikan jasmani menjadikan siswa sebagai orientasi dari pengembangan program pengajaran, perencanaan proses pembelajaran. Sehingga guru berkewajiban untuk membangkitkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik pada diri siswa. Guru berupaya untuk mendorong dan meransang kegiatan belajar agar tumbuh motivasi pada diri siswa. Permasalahan pokok yang dirumuskan adalah bagaimanakah penanganan kesulitan belajar siswa dengan strategimotivasi dalam proses pembelajaran penjasorkes DI SD GMIT Manumuti Kabupaten Kupang?, Tujuanya untuk mengetauhi peran guru dalam menangani kesulitan belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD GMIT Manumuti khususnya kelas 3 dalam waktu 2 (dua) bulan. Untuk menjawab masalah dan tujuan penelitian ini maka metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan menemukan fakta yang bermaksud menggambarkan obyek sesuai dengan apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan memberikan arti dan makna yang berguna dalam menganalisis data yang ada di lapangan. Untuk mencapai proses pembelajaran bermutu maka harus didukung dengan tenaga Guru yang profesional serta menerapkan polah pembinaan dan pelatihan pada diri siswa dan mereka mempunyai keinginan untuk dibina sesuai dengan proses pembelajaran yang sudah ada. Dengan demikian bahwa dalam menangani kesulitan bekajar siswa itu merupakan proses berlansung seumur hidup. Anak-anak akan tumbuh pribadi dan bermotivasi jika ia tumbuh pada lingkungan yang bermotivasi pula. Olek karena itu selain orang tua, seorang guru juga memiliki motivasi yang sangat besar dalam memotivasi anak.
Kata Kunci: Penanganan, Kesulitan Belajar, Strategi Motivasi
706/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain