PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Skripsi

Penerapan Metode Tutor sebaya dalam pembelajaran renang gaya dada pada siswa kelas XI SMA Negeri mataru Kecamatan Mataru Kabupaten Alor tahun 2016/2017

MAJENI,Teos Deni - Nama Orang;

ABSTRAK
Teos Deni Majeni.13320279 .PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN REANG GAYA DADA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI MATARU KECAMATAN MATARU KABUPATEN ALOR. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas kristen arthawacana kupang 2017. Pembimbing (1) ROBERT TETIKAY, S.Pd M.Pd dan Pembimbing (2) JULIAN J. LEKO, S.Pd M.Fis AIFO.
Kata kunci : penerapan, pembelajaran, renang gaya dada
Masalah dalam penelitian ini adalah penerapan metode tutor sebaya dalam pembelajaran renang gaya dada pada siswa kelas XI SMA Negeri Mataru Kecamatan Mataru Kabupaten Alor. Metode tutor sebaya adalah metode di mana teman sebaya yang di pilih untuk menjadi tutor bagi teman - temanya, sehingga siswa belajar secara mandiri dengan bantuan teman yang telah di pilih menjadi tutor sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode tutor sebaya dalam pembelajaran renang gaya dada pada siswa kelas XI SMA Negeri Mataru Kecamatan Mataru Kabupaten Alor. metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang di dapat di analisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, proses penerapan metode tutor sebaya dalam pembelajaran renang gaya dada lebih dikenal dengan sebutan guru kecil oleh guru penjasorkes di SMA Negeri Mataru dengan lankah - langkah penerapan sebagai berikut : tahap persiapan guru penjasorkes memberikan penjelasan sebelum proses pembelajaran. Selanjutnya siswa berbaris, berdoa dan melakukan pemanasan. Setelah itu siswa dibagi menjadi tiga kelompok dan salah seorang siswa di tunjuk untuk menjadi tutor sebaya/ guru kecil selanjutnya guru memberikan kesempatan kepada siswa agar belajar mandiri dengan bantuan para tutor/ guru kecil. Setelah itu salah satu siswa mewakili teman - temanya untuk presentasi. Setelah itu evaluasi dan bedoa penutup. Secara keseluruhan pembelajaran renang gaya dada mengunakan metode tutor sebaya sangat membantu siswa dalam belajar mandiri tetapi membutuhkan persiapan yang baik dari guru maupun siswa.


Ketersediaan
738/17PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 62 KIP-OR 17
Penerbit
Kupang : UKAW FKIP Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi., 2017
Deskripsi Fisik
xiii, 78 hlm.; bibl.; Lamp.; ilus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 613.716 072 598 557
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
BERENANG--PENELITIAN--ALOR
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Teos Deni Majeni
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik