Skripsi
Membina kerjasama siswa sekolah Dasar melalui Permainan BOI
ABSTRAK
Maria M. Hoar, NIM. 13320174 “Membina Kerjasama Siswa Sekolah Dasar melalui Permainan Boi.†Program Studi Pendidikan Jasamani Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana. Pembimbing (I) Jusuf Blegur, S.Pd., M.Pd., Pembimbing (II) Yahya J. Palinata, S.Pd., M.Or.
Kata kunci: Membina, Kerjasama, permainan boi.
Membina merupakan usaha tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara efisien dan efektif untuk memperoleh hasil yang lebih baik dalam aneka pengalaman belajar melalui aktifitas jasmani, bermain dan olahraga yang dilakukan secara sistematis. Kerjasama adalah sebuah sistem pekerjaan yang kerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama. Kerjasama dalam tim kerja menjadi sebuah kebutuhan dalam mewujudkan keberhasilan kinerja dan prestasi kerja. Permasalahan dalampenelitian ini yaitu bagaimana membina kerjasama siswa sekolah dasar melalui permainan boi. Penelitian ini bertujuan untuk membina kerjasama siswa sekolah dasar melalui permainan boi. Kurangnya kerjasama siswa dan belum diterapkannya permainan boi dalam proses pembelajaran. Permainan boi merupakan permainan dalam bentuk kelompok yang bertujuan merobohkan susunan batu , sendal, maupun kaleng yang berbentuk piramid dengan cara dilempar menggunakan bola kasti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni peneliti menggunakan data-data yang tidak berhubungan dengan angka statistik. Hanya bersifat menggambarkan, menjelaskan, serta menguraikan suatu masalah yang terjadi pada objek atau subjek penelitian guna mengetahui peningkatan pada siswa dengan pendekatan bermain. Data penelitian dikumpulkan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan model analisis dari Miles & Huberman (2009). Hasil penelitian membuktikan bahwa permainan boi dapat membina kerjasama yang baik antar siswa. Hal ini didasarkan atas kemampuan siswa dalam melakukan kerjasama seperti: 1) Saling melengkapi, 2) Keterbukaan terhadap orang lain/teman, 3)Menghargai kelebihan teman, 4) Mengelabui lawan, 5) Memenangkan permainan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kerjasama siswa dalam permainan boi sangat baik sehingga penelitian yang telah dilakukan dinyatakan “relevanâ€ÂÂ.
720/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain