Skripsi
Penerapan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui pendekatan nilai-nilai Afektif siswa di SMA Negeri 9 kota Kupang Tahun Ajaran 2017/2018
ABSTRAK
TUBERTUS UMBU NDUKA NIM : 13320308, Judul: “PENERAPAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MELALUI PENDEKATAN NILAI-NILAI AFEKTIF SISWA DI SMA NEGERI SEMBILAN KUPANG TAHUN AJARAN 1017/2018 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, Pembimbing (I) Agustinus J. Nafie, S.Pd, M.Or, Pembimbing (II) Abdy Busthan, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Nilai-nilai afektif siswa
Pendidikan jasmani sangat berperan didalam menolong siswa dalam fase ini untuk membentuk kognitif, psikomotor dan afektif siswa yaitu menunjangnya tercapainya pengenalan diri dan penginternalisasian nilai-nilai yang baik. Hal ini menjawab pertanyaan mengapa pendidikan jasmani perlu diajarkan disekolah yaitu karena, â€ÂÂtujuan ideal program dan tujuan pendidikan jasmani bersifat menyeluruh mencakup bukan hanya aspek fisik, tetapi juga aspek lainnya mencakup intelektual, emosional,sosial dan moralâ€ÂÂpenelitian melihat bawhwa masalah yang ada disekolah tersebut adalah belum adanya penerapan nilai-nilai afektif pada siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pendidikan jasmani dan kesehatan melalui pendekatan nilai-nilai afektif pada siswa. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah experimen semu,sumber penelitian ini adalah siswa/siswi kelas XI SMA Negeri 9 Kupang yang berjumlah 35 orang dengan penelitian tentang penerapan pendidikan jasmani dan kesehatan melalui pendektan nilai-nilai afektif siswa di Sma Negeri 9 Kupang.Teknik pengumpulan data yaitu terdiri dari metode dokumentasi dan metode angket.Berdasarkan hasil penelitian terhadap penerapan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui pendekatan nilai-nilai afektif siswa di SMA Negeri 9 Kupang sesuai dengan hasil penelitian di lapangan melalui penyebaran angket dan dianalisis dengan analisis deskriptif presentase yang diperoleh skor. Nilai Respek rata-rata 2,41 dengan presentase 60,19% dan termasuk kategori cukup baik. Nilai Tanggung Jawab diperoleh nilai rata-rata sebesar 5,31 dengan presentase 66,44% dan termasuk kategori baik. 3. Nilai Peduli diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,11 dengan presentase 77,78% dan termasuk kategori baik. Nilai Jujur diperoleh nilai rata-rata sebesar 6,57 dengan presentase 82,18% dan termasuk kategori sangat baik. Nilai Fair diperoleh nilai rata-rata sebesar 8,69 dengan presentase 72,38% dan termasuk kategori baik, Nilai Beradab diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,80 dengan presentase 69,91% dan termasuk kategori baik.
727/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain