PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Skripsi

Tinjaun tentang Penggunaan model Pembelajaran Permainan Hitam Hijau terhadap minat belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Kupang Tahun Ajaran 2o016/2017

DIMU,Robinson K. - Nama Orang;

ABSTRAK
Robinson Koro Dimu. 13320245. TINJAUAN TENTANG PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN HITAM HIJAU TERHADAP MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KOTA KUPANG. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang 2017. Pembimbing (1) M. RAMBU P. WASAK, S. Pd, M. Pd dan Pembimbing (2) ALVENTUR BAUN, S. Pd. M. Pd.
Kata Kunci : Pembelajaran, Permainan, hitam hijau, Minat Belajar Siswa.
Kenyataan bahwa penggunaan model pembelajaran permainan hitam hijau dapat meningkatkan minat belajar pada SMP Negeri 1 Kota Kupang. Siswa melakukan permainan hitam hijau ini dalam kegiatan pembelajaran penjasorkes dapat menimbulkan minat belajar dengan reaksi dan isiatif tumbuh pada diri mereka sendiri. Siswa SMP negeri 1 kota kupang setelah melakukan permaianan hitam hijau, mereka merasa punya niat dan keingintahuan yang tinggi terhdap permaianan, karena permainan ini jarang mereka jumpai sebelum dalam materi pembelajaran. Minat belajar siswa terhadap aktivitas belajarpun dapat meningkat dari sekian siswa sebelumnya yang tidak terlalu aktif, setelah di adakan model pembelajaran separti ini minat belajar mereka selalu meningkat dari hari ke dalam setiap materi pembelajaran. Permainan hitam hijau ini dapat menjawab minat belajar siswa dalam melakukan kegiatan belajar dengan maksimal dan terus berkembang secara baik. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tentang penggunaan model pembelajran permainan hitam hijau terhadap minat pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dapat analisis secara deskriptif kualitatif naturalistic. Tempat penelitian adalah SMP Negeri 1 Kota Kupang. Data yang dikumpulkan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dari Suharsimi Arikunto (2006). Hasil penelitian dapat membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran permainan hitam hijau terhadap belajar siswa yang di latarbelakangi oleh beberapa faktor, antara lain: 1) perhatian yang timbul dari diri siswa, 2) perasaan senang, 3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan, secara keseluruhan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran permainan hitam hijau dapat membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar dalam setiap kegiatan pembelajaran penjasorkes dan harus membutuhkan persiapan yang baik dari guru penjasorkes maupun siswa.


Ketersediaan
730/17PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 130 KIP-OR 17
Penerbit
Kupang : UKAW FKIP Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi., 2017
Deskripsi Fisik
xiii, 68 hlm.; bibl.; lamp.; ilus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 793. 072 598 559
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PERMAINAN--PENELITIAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Robinson K.Dimu
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik