Skripsi
Model permainan Lompat Katak untuk meningkatkan hasil belajar Lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri Kadahang Kabupaten Sumba Timur Tahun Ajaran 2016/2017
ABSTRAK
HENDRAYANUS HIWA LANGGUWALI NIM: 12320128 “Model Permainan Lompat Katak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kadahang Kabupaten Sumba Timur Tahun Ajaran 2016/2017â€ÂÂ.Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Artha Wacana Kupang, Pembimbing (I) M. RAMBU P. WASAK, S.Pd, M.Pd.Pembimbing (II) DAVID LOBA, S.Pd, M.Pd.
Kata kunci : Permainan, Lompat Katak, Hasil Belajar, Siswa, dan Lompat Jauh
Lompat katak adalah gerakan meloncat dengan kedua kaki bersama-sama seperti katak. Gerakannya diawali dengan berdiri rileks, tangan berada di belakang badan pada saat akan melakukan lompatan, kemudian jongkok dengan dua kaki, lutut ditekuk dan kedua tangan ke depan lutut untuk keseimbangan pada saat meloncat. Gerakan lompat katak berguna untuk tolakan, melayang, dan pendaratan dalam lompat jauh dan aspek fisik yang dapat dikembangkan pada gerakan lompat katak ini adalah daya ledak otot tungkai, kekuatan, keseimbangan, koordinasi, ketapatan, dan kelentukan Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui permainan lompat katak terhadap peningkatan hasil belajar lompat jauh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan siswa kelas V SDN. Kadahang Kabupaten Sumba Timur yang berjumlah 20 orang. Teknik pengump ulan data menggunakan Pengamatan ( Observasi ), Wawancara, Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pendekatan permaianan lompat katak pada siswa kelas V SDN. Kadahang Kabupaten Sumba Timur, dengan menggunakan rumus presentasi keberhasilan setiap kelompok yaitu yang mendapat 58% sebanyak II kelompok, yang mendapat 64% sebanyak I kelompok, yang mendapat 56% sebanyak I kelompok. Dari hasil penelitian siklus I kriteria keberhasilan termasuk dalam kategori cukup dengan kriteria 64% sedangkan pada siklus II keberhasilan setiap kelompok yaitu yang mendapat 74% sebanyak I kelompok, yang mendapat 88% sebanyak I kelompok, yang mendapat 72% sebanyak I kelompok, yang mendapat 70% sebanyak I kelompok. Dari hasil penilaian siklus II kriteria keberhasilan termasuk dalam kategori baik atau sudah berhasil dengan kriteria tertinggi 88%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan adanya Peningkatan hasil belajar melalui model PTK pada siswa SDN Kadahang Kabupaten Sumba Timur Tahun Ajaran 2016/2017 yang dibuktikan bahwa siklus I nilai kriterianya mencapai 64%, siklus II nilai kriterianya mencapai 88%.
745/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain