Skripsi
Upaya Guru Mengoptimalkan kemampuan Roll depan Senam Lantai melalui Modifikasi Matras dengan Memanfaatkan bidang miring pada siswa Kelas V di SD Inpres Nusa Kecil Ajaran 2015/2016
ABSTRAK UPAYA GURU MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN ROLL DEPAN SENAM LANTAI
MELALUI MODIFIKASI MATRAS DENGAN MEMANFAATKAN BIDANG MIRING
PADA SISWA KELAS V DI SD INPRES NUSA KECIL AJARAN 2015/2016
Malehere, A. )* Tukan. L. A.)** Wasak, M. R.)** Pendidikan merupakan suatu usaha sadar dan bertujuan untuk mengembangkan kualitas manusia sebagai suatu kegiatan yang sadar akan tujuan. Senam lantai merupakan senam yang dilakukan diatas yang dilapisi karpet atau matras. Berdasarkan observasi di SD Inpres Nusa Kecil diketahui bahwa dalam pembelajaran roll depan masih banyak siswa yang belum bisa melakukan roll depan dengan baik, dari 26 siswa yang terdiri dari 14 laki – laki dan 12 perempuan, yang bisa melakukan roll depan sebanyak 10 siswa dan 16 siswa yang lain belum bisa melakukan roll depan secara efektif, Rumusan masalah Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Roll Ke Depan Senam Lantai Kelas V di SD Inpres Nusa Kecil Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Roll Ke Depan Senam Lantai Kelas V di SD Inpres Nusa Kecil Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur Tahun Ajaran 2016/2017.Penelitian ini telah dilaksanakan di SD Inperes Nusa Kecil Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur, selama 1 bulan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas V SD Inperes Nusa Kecil Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur. Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil pretest sebagi data awal dan posttest. Teknik analisis data menggunakan ujit t. Dari hasil analisa digunakan rumus uji t, dimana sebelum diberikan latihan pada materi “Bidang Miring Melalui Roll ke Depan Senam Lantai nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 61,90 dan hasil berikut yang peroleh siswa setelah diberikan latihan pada Bidang Miring Melalui Roll ke Depan Senam Lantai dengan nilai rata-rata 83,33 hasil perhitungan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Hasil yang ditunjukkan dengan thitung adalah 16,89 sedangkan ttabel 2,086 dan berdasarkan kriteria gain maka peningkatan hasil belajar siswa adalah sedang. Berdasarkan kaidah keputusan, bahwa thitung>ttabel maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak artinya ada Pengaruh Bidang Miring Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Roll Ke Depan Senam Lantai Pada Mata Pelajaran Penjasorkes Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci : senam lantai pada bidang miring terhadap roll depan, hasil belajar Keterangan : *) = Peneliti **) = Pembimbing
739/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain