Skripsi
Penggunaan sarana tali karet untuk menumbuhkan percaya diri dalam pembelajaran lompat tinggi pada siswa Putra kelas V SD INpres Lasiana kota Kupang Tahun Ajaran 2017/2018
ABSTRAK
JHON FINSEN THOMAS ONMAU NIM: 133202417 PENGGUNAAN SARANA TALI KARET UNTUK MENUMBUKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA PUTRA KELAS V SD INPRES LASIANA TAHUN AJARAN 2017/2018.SKRIPSI, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univesitas Kristen Arta Wacana Kupang, Pembimbing (1) M. Rambu P. Wasak S.Pd, M.Pd Pembimbing (II) Drs. Martinus Metboki, M.Si
Kata kunci : Sarana, Tali Karet, Menumbukan, Percaya diri.
Permasalahan yang ada pada SD Inpres Lasiana masih banyak siswa sukar dalam melakukan olaraga lompat tinggi dan kurangnya rasa percaya diri siswa pada pembelajaran lompat tinggi sehingga dalam pembelajaran pejasorkes untuk materi lompat tinggi kurang efektif. Maka dengan penggunaan sarana tali karet ini bias meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam proses pembelajaran lompat tinggi dan pebelajaran bias berjalan baik dengan tujuan agar siswa tidak takut dalam melakukan lopatan pada pembelajaran lompat tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan naturalistic yaitu mengambil gambar terhadap rasa percaya diri siswa pada pembelajaran lompat tinggi menguanakan saran tali karet. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam pengumpulan data adalah opservasi, dokumentasi dan wawancaran. Berdasarkan hasil yang didapat dari obsevasi dan wawancara ternyata rasa percaya diri siswa suda meningkat dengan melakukan lompatan mengunakan sarana tali karet dan siswa tidak merasa takut lagi dalam pembelajaran lompat tinggi dan mereka merasa senang dengan mengunakan saran tali karet untuk melakukan lompatan. Hasil penelitian bahwa dengan mengguankan saran tali karet dapat menumbukan rasa percaya diri pada siswa putra kelas V SD Inpres Lasiana Kota Kupang. 1).pembelajaran lompat tinggi berjalan lancar, 2) siswa merasa senang, 3) siswa lebih percaya diri,4) seluru siswa aktif dalam pembelajaran. Saran dalam penelitian ini bagi siswa yang kesulitan dalam melakukan lompatan bisa mengunakan media standar bisa memodivikasikan dengan permainan lompat tali karet, bagi guru untuk keratif dalam memanfaatkan media pembelajaran, bagi sekolah bisa menggunakan model permainan lopat tali karet dalam proses pembelajaran lompat tinggi dan bagi pemerintah bisa menjadi menambakan sarana prasarana yang belum ada di SD Inpres Lasiana.
774/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain