Skripsi
Penerapan Media pembelajaran yang dimodifikasi untuk peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD Inpres Lasiana tahun pelajaran 2016/2017
ABSTRAK
Lukas Pingu Meha, NIM 13320167 “Penerapan Media Pembelajaran Yang dimodifikasi Untuk Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas V SD Inpres Lasiana Tahun Pelajaran 2016/2017â€ÂÂ, Pembibing I, Agutinus J. Nafie, S.Pd M.Or, Pembibing II, Benediktus Ndolu, S.Pd M.Fis, AIFO
Rendahnya aktivitas gerak dan rasa senang siswa menjadi permasalahan untuk tercapainya ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui Media pembelajaran yang dimodifikasi yaitu dengan menggunakan media ban karet,kardus dan bola gantung untuk siswa kelas V SD Inpres Lasiana.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua (2) siklus,Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas V SD Inpres Lasiana berjumlah 28 siswa. Variabel yang diteliti adalah suasana kelas yang ditandai aktivitas siswa, rasa senang dan unjuk kerja siswa dalam malakukan pembelajaran lompat jauh.. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan tabel observasi sebagai upaya untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran lompat jauh menggunakan media ban karet,kardus,dan bola gantung dapat meningkatkan aktivitas siswa 27 siswa (92,85%)baik,1 siswa(3,5%) Cukup, 0 siswa kurang , dan siswa merasa senang mencapai 27 siswa (92,85%) kategori baik, 1 siswa (3,5%) kategori cukup dan 0 siswa kategori kurang. Sedangkan hasil observasi unjuk kerja dari peneliti terdapat 2 siswa (7,14%) yang belum tuntas.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui media ban karet,kardus dan bola gantung yang dimodifikasi untuk siswa kelas V Sekolah Dasar Inpres Lasiana.
773/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain