Skripsi
Model-model pembelajaran Penjas Orkes (ATLETIK)pada anak Tuna Grahita di SMPLB Negeri Kabupaten Alor
ABSTRAK
Ruben Imanuel Maro, NIM: 12320274 Model Model Pembelajaran Penjas Orkes (Atletik) Pada Anak Tunagrahita Dalam Di Smplb Negeri Mebung Kab. Alor Tahun 2017. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana Kupang Sebagai Pembimbing I Robert Tetikay,S.Pd.,M.Pd Dan Pembimbing II Jimmy CH. Atty,S.Pd.,M.Fis.AIFO
Kata kunci: Model Model Pembelajaran Penjas Orkes Pada Anak Tunagrahita Berkebutuhan Khusus Di SMPLBN Mebung
Partisipasi merupakan seseorang yang terlibat langsung terhadap kegiatan berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegtahui proses pembelajaran bagi siswa/i tunagrahita di SMPLB Negeri Mebung penelitian ini lebih cenderung pada pembelajaran penjas orkes bagi siswa/i berkebutuhan khusus seperti tunagrahita di SMPLB Negeri Mebung. Penjas adaptif merupakan bagian integral dari keseluruhan pendidikan dimana sistem penyampaiannya secara keseluruhan (comperenship) dan direncana unutk mengetahui, menemukan dan memecahkan masalah bagi anak berkebutuhan khusus kaitannya pembahasan ini adalah anak tunagrahita di SMPLB Negeri Mebung. Partisipasi siswa/i berkebutuhan khusus (tunagrahita) pada pembelajaran penjas cukup tinggi yaitu untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan menyehatkan tubuh. Berdasarkan hasil tujuan diatas maka peneliti ingin mengetahui tingkat partisipasi siswa/i berkebutuhan khusus (tunagrahita) pada pembelajaran penjas di SMPLB Negeri Mebung. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian yang dijadikan data terdiri dari kepala sekolah, guru penjas, siswa/i tunagrahita. Hasil penelitian ini adalah: 1.SMPLB Negeri Mebung sudah menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan 2. partisipasi siswa berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran Atletik star jarak pendek khususnya melakukan Star jarak pendek degan sangat baik 3.Pelaksanaan pembelajaran penjas orkes pada SMPLB Negeri Mebung belum berjalan maksimal di sebabkan oleh kurangnya persiapan guru, minimnya sarana prasarana olahraga sebagai penunjang lancarnya proses pembelajaran penjas.
770/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain