Skripsi
Pengaruh Model pembelajaran kooperatif terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI pada mata pelajaran Biologi di SMTK Tarus tahun ajaran 2016/2017
ABSTRAK
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TerhadapPemahaman Konsep Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Biologi di SMTK Tarus Tahun Ajaran 2016/2017 (Ama, Y)* (Meha,M. A)** (Nggadas, D)**
proses pembelajaran yang dilaksanakan pada siswa kelas XI di SMTK Tarus masih menggunakan metode konvensional yaitu guru lebih aktif dalam menyampaikan materi di kelas, sedangkan para siswa kebanyakan pasif ketika proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil pengamatan awal peneliti menemukan beberapa masalah yaitu: (1). Guru belum menerapkan model pembelajaran kooperatif, (2). Kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menggakibatkan tingkat pemahaman siswa akan memahami dan mengerti tentang materi yang telah dipelajari, karena dalam proses pembelajaran hanya terpusat pada guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif terhadap tingkat pemahaman konsep siswa kelas XI pada mata pelajaran biologi di SMTK Tarus tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dan tes. Teknik analisis datanya menggunakan uji t. Hasil penelitian di peroleh skor seluruh siswa pada pre-test adalah 980 dengan nilai rata- rata 52.35 dan jumlah perolehan skor seluruh siswa pada post-test adalah 1.380 dengan nilai rata-rata 81.17. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif ini memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk terlibat secara aktif dan bekerja sama dalam proses pembelajaran dalam mengekspresikan gagasan/pikiran mereka dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna, yang disesuaikan dengan konteks keseharian siswa itu sendiri. Prinsip penting dalam penerapan Model Pembelajaran Kooperatif adalah bahwa dalam proses pembelajaran, siswa sebagai pusat pembelajaran yang menentukan arah pembelajaran. Di simpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Kooperatif terhadap tingkat pemahaman konsep biologi siswa, dimana nilai thitung = 9.38 dikonsultasikan dengan ttabel. d.b = N – 1= 17-1 = 16 dengan taraf kesalahan 5%. Harga ttabel adalah= 2,120. dengan demikian maka H1 diterima dan H0 ditolak.
Kata kunci :ModelPembelajaranKooperatif,Metode Quasi Eksperimen,Pemahaman Konsep
Keterangan: *Peneliti **Pembimbing
832/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain