Skripsi
Pengaruh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here(ETH)berbasis kontekstual terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 5 Kupang tahunajaran 2016/2017
ABSTRAK
Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) Berbasis
Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Kupang
Tahun Ajaran 2016/2017
Rachman, A )* Nomleni, F. Th )** Meha, A. M )** Masalah yang ditemukan di SMA Negeri 5 Kupang adalah proses pembelajaran yang selalu sama yakni menggunakan metode konvensional yaitu ceramah disertai pemberian tugas dan pekerjaan rumah serta rendahnya hasil belajar siswa mendorong peneliti untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here berbasis kontekstual terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian inin yaitu metode eksperimen jenis Quasi Experriment. Populasi penelitian sejumlah 635 orang dengan sampel 33 siswa X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa X MIA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu Test dengan teknik analisis data menggunakan SPSS versi 16.0 Independent sample test. Berdasarkan hasil Uji T dengan menggunakan Independent Samples Test pada SPSS versi 16.0 nilai thitung adalah 4,451 dan nilai ttabel 2,003 dengan nilai df adalah 60. Hal ini berarti nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung> ttabel), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here terhadap hasil belajar biologi siswa. Saran bagi peneliti selanjutnya agar lebih mengatur waktu sebaik mungkin karena strategi ini membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil lebih baik.
Kata Kunci : Strategi pembelajaran Everyone is a Techer Here,kontekstual, Hasil belajar biologi siswa
Keterangan : * Peneliti ** Pembimbing
821/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain