Skripsi
Pengaruh Pendekatan saintifik(Scientific Aproach)dalam pembelajaran IPA terpadu terhadap aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 1 Kupang
ABSTRAK PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK (Scientific Approach ) DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU TERHDAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KUPAG TAHUN AJARAN 2016/2017 Kbau,G)* Meha, A.M)** Manu, T.S.N)** Masalah yang ditemukan dalam kegiatan belajar di SMP Negeri 1 Kupang kelas VII A, yaitu rendahnya aktivitas belajar seperti visual activities, listening activities, oral activities, mental activities, dan writing activities. Hal ini yang mengakibatkan aktivitas belajar tidak berjalan dengan makimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Saintifik (scientific approach) Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII SMP N. 1 Kupang yang berjumlah 798 siswa, dan sampel yang diambil, siswa kelas VII A SMP N. 1 Kupang yang berjumlah 31 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu post test only control group design.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan rumus uji t.Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan rumus uji t hasil perhitungan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Hasil yang ditunjukkan dengan thitung adalah 8,1042 sedangkan ttabel 2,000. Berdasarkan kaidah keputusan, bahwa thitung> ttabel maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan tolak H0 artinya ada pengaruh pendekatan saintifik (scientific approach) terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan saintifik (scientific approach) dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa. Dengan menerapkan pendekatan saintifik (scientific approach) siswa terlibat langsung dalam kegiatan, aktif, dan mencari sesuatu yang sedang dipertanyakan. Kelebihan dari pendekatan saintifk (scientific aaproach) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, mampu bekerja sama melalui kegiatan seperti mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan melakukan kesimpuan akihir pembelajaran. Hal ini berbeda dengan kelas kontrol, yang mengutamakan ceramah dan diskusi yang membuat aktivitas belajar siswa kurang berjalan dengan baik, sehingga aktivitas belajar yang diperoleh sangat rendah.
Keterangan : Kata kunci : Pembelajaran, Pendekatan Saintifik (scientific approach), Aktivitas Belajar *) Peneliti **) Dosen Pembimbing
820/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain