Skripsi
Pengembangan HandOut alat Hara (Organum Nutritinum)pada mata kuliah Morfologi Tumbuhan di Program Studi Biologi
PENGEMBANGANHANDOUTALATHARA (Organum nutritivum)PADA MATAKULIAHMORFOLOGI TUMBUHAN DI PROGRAM STUDI BIOLOGI 1)Robyanto R. Nokas, 2)Fransina Th.Nomleni, S.Pd, M.Pd. 3)Paulus Tnunay, S.Pd, M.Pd
ABSTRAK
Bahan ajar memiliki peranan penting dalam kegiatan pembelajaran yaitu meningkatkan fungsi pendidik sebagai fasilitator, motivator serta evaluator. Bahan ajar dapat membantu peserta didik dalam menemukan konsep pembelajaran dan mampu memecahakan permasalahan berdasarkan tujuannya sesuai dengan kemampuanyang dimiliki oleh peserta didik. Berdasarkananalisisangket analisis kebutuhan awal diperoleh bahwa 57% mahasiswa menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan adalah buku cetak dengan gambar yang bukan gambar asli dari bagian tumbuhan yang di maksudkan, selain itu 57% mahasiswa menyatakan dalam proses pembelajaran belum pernah menggunakan handout sebagai bahan ajar dan 63,2% mahasiswa belum mengetahui model pembelajaran Elaborasi, sehingga 81,6% mahasiswa setuju untuk mengadakan bahan ajar berupa handout Morfologi Tumbuhan pada pokok bahasan Alat Hara (Organum nutritivum). Tujuan penelitian adalah menghasilkan produk berupa handout Morfologi Tumbuhan pada pokok bahasan Alat Hara (Organum nutritivum) di Program Studi Biologi. Metode penelitian pengembangan yang gunakan adalah metode research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penilaian handout Morfologi Tumbuhan dari ahli materi yaitu sebesar 92,04%, ahli media pembelajaran 85,93%, ahli desain pembelajaran 76,92%, uji coba kelompok kecil sebesar 90,79%, uji coba kelompok besar 95,48%, sedangkan untuk perhitungan petunjuk penggunaan dari ahli materi sebesar 91,66%, ahli media 91,67%, ahli desain pembelajaran 75%. Berdasarkan hasil penilaian yang diberikan ahli materi, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran dan mahasiswa maka handout Morfologi Tumbuhan dikualifikasikan kedalam kategori sangat baik namun tetap dilakukan perbaikan sesuai komentar dan saran yang diberikan. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, ahli desain, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar terhadap handout maka disimpulkan bahwa handout layak digunakan sebagai bahan ajar dengan sedikit revisi. Adapun saran dari penelitian ini yaitu diharapkan kepada dosen untuk menggunakan handout dalam proses perkuliahan, karena telah terbukti melalui penelitian ini setelah diuji coba handout ini layak dan praktis.
Keterangan : Kata kunci: Bahan Ajar, Handout,Morfologi Tumbuhan 1)Penulis 2)Pembimbing I 3)Pembimbing II
817/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain