Skripsi
Pengaruh Model Explicit Instruction terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri Hauhasi tahun ajaran 2017/2018
ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPA BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGRI HAUHASI ABSTRAKTAHUN AJARAN 2016 /2017
Faot, J 1, Nationis, D2, Daud, Y3. ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri Hauhasi Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada/tidak pengaruh, model pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Hauhasi Tahun Ajaran 2016/2017? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Hauhasi yang berjumlah 60 orang dan sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-b yang berjumlah 20 orang. Teknik yang dipakai untuk menganalisis hasil perhitungannya menunjukan bahwa ada perbedaan pada test pre test (test awal) dan post test (test akhir), maka hasil yang ditunjukan pada test pre test, t hitung rata-rata meannya adalah 66,75 Standar Deviation sebesar 4.667, dan Standar Error Mean 1.043. sedangkan test poat test (test akhir) pada t tabel rata-rata meannya adalah 82,75 Standar Deviation sebesar 5.250, dan Standar Error Mean 1.174 maka ada perbedaan. Ho ditolak dan Ha diterima oleh karena itu dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh signifikasi terhadap model pembelajaran Explicit Instruction terdapat hasil belajar siswa IPA Terpadu kelas VIII-b SMP Negeri Hauhasi Tahun Ajaran 2016/2017.
Kata Kunci :Model PembelajaranExplicit Instuctio Keterangan : *) Peneliti **) Dosen Pembimbing
813/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain