Skripsi
Kreativitas guru Penjasorkes dalam modifikasi sarana pembelajaran Senam dengan pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kupang Timur Satu Atap tahun ajaran 2016/2017
ABSTRAK
Ibrahim Rihi, Nim 13320125, dengan judul skripsi “Kreativitas Guru Penjasorkes Dalam Modifikasi Sarana Pembelajaran Senam Dengan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kupang Timur Satu Atap Tahun Ajaran 2016/2017â€ÂÂ. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Artha Wacana. Pembimbing I M. RAMBU P. WASAK, S.Pd, M.Pd dan JULIAN J. LEKO, S.Pd, M.Fis selaku pembimbing II.
Kata kunci: Kreativitas, Guru, Modifikasi,Pembelajaran, Senam, Bermain.
Kreativitas merupakan suatu kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya Baru yang diartikan sebagai inovatif, belum ada sebelumnya, segar, menarik, aneh dan mengejutkan serta berguna dan dapat dimengerti dan dapat dibuat dilain waktu, atau sebaliknya peristiwa-peristiwa yang terjadi begitu saja, tak dapat dimengerti, tak dapat diramalkan dan tak dapat diulangi. Permasalahan yang dihadapi adalah kreativitas guru penjasorkes dalam modifikasi proses pembelajaran melalui pendekatan bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas pada siswa dalam modifiksi sarana pembelajaran senam dengan pendekatan bermain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni peneliti menggunakan data-data yang tidak berhubungan dengan angka statistik. Hanya bersifat menggambarkan, menjelaskan, serta menguraikan suatu masalah yang terjadi pada obyek atau subyek penelitian guna mengetahui peningkatan pada siswa dengan pendekatan bermain. Data dikumpulkan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan model analisis dari Miles & Huberman (2009). Hasil penelitian membuktikan bahwa rendahnya semangat dan tingkat olahraga siswa karena kurangnya kreativitas guru penjas dalam proses pembelajaran senam. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa modifikasi sarana pembelajaran senam dengan pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 kupang timur satu atap dikategorikan ―Baik‖. Hasil penelitian membuktikan bahwa meningkatnya kegiatan senam lantai siswa dilatarbelakangi oleh kreativitas guru penjasorkes yang terdiri dari: 1). Upaya dalam membantu dan mendorong, pembentukan penyusuaian diri siswa 2). Upaya dalam membuat, kemampuan atau kapasitas dalam melakukan tugas sehari-hari. 3). Berupaya dalam memperbaiki, bila terjadi kesulitan 4). Berupaya dalam memelihara anak sebagai pribadi yang sudah mencapai perkembangan emosi maupun keserasian kepribadian sehingga kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan dan menjadi satu kesatuan yang kuat.
764/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain