Skripsi
Strategi pengembangan usaha pengolahan produk ikan tuna se'i di Kota Kupang
RINGKASAN
Putri Djulia Pandie (12390026) Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Produk Ikan Tuna Se’i di Kota Kupang di bawah bimbingan Ir. Welma Pesulima, MP sebagai pembimbing I dan Ovie Ningsih, S.Pi, M.Si sebagai pembimbing II program studi teknologi hasil perikanan, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Kristen Artha Wacana Kupang.
Ikan tuna se’i adalah salah satu jenis produk olahan hasil perikanan yang dikenal oleh masyarakat Kota Kupang seperti daging se’i lainnya karena produk olahan ikan tuna se’i yang dihasilkan dapat djadikan sebagai makanan khas Kota Kupang.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: menganalisis profil usaha ikan tuna se’i di Kota Kupang, menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha produksi ika tuna se’i di Kota Kupang, dan menentukan strategi pengembangan pengolahan produk ikan tuna se’i di Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan treath).
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 9 kelompok usaha pengolahan ikan tuna se’i yang tersebar di 6 kelurahan dan 4 kecamatan di kota Kupang masih bersifat tradisional, dengan rincian 5 kelompok usaha telah memiliki sertifikat halal dan nomor P-IRT, sedangkan 2 kelompok belum memiliki sertifikat halal tetapi memiliki nomor P-IRT, sedangkan 2 kelompok usaha lainnya belum memiliki sertifikat halal maupun P-IRT. Setiap kelompok usaha ikan tuna se’i di kota kupang masih menentukan harga produk yang bervariasi antara Rp. 50.000,- sampai dengan Rp.80.000,- dengan berat isi yang berbeda. Faktor internal dan eksternal terdiri dari 4 faktor yaitu faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman memiliki nilai skor yang berbeda-beda, sehingga 9 faktor kekuatan memiliki nilai skor 2,75 artinya masih sedang, kelemahan memiliki nilai skor 0,35 artinya masih sedang menuju kurang, peluang dengan skor 2,2 artinya cukup , dan ancaman memiliki skor 0,8 artinya sedang menuju tinggi.
Strategi pengembangan produk ikan tuna se’i di kota Kupang adalah strategi progresif dengan mengoptimalkan produksi, dalam hal kapasitas anggota kelompok dapat memanfaatkan modal bantuan dari pemerintah untuk peningkatan produktifitas kerja kelompok agar produk ikan tuna se’i dapat dikembangkan menjadi produk olahan yang bernilai jual tinggi dengan meminimalisir ancaman seperti ketersediaan bahan baku yang bersifat musiman dan kehadiran produk sejenis di pasar.
Kata kunci : ikan tuna se’i, SWOT.
SUMMARY
Putri Djulia Pandie (12390026) Strategy of Business Development of Tuna Se'i (Smoked Fish) Products Processing in Kupang City under the guidance by Welma Pesulima as the first supervisor and Ovie Ningsih second supervisor of Department of Fisheries Processing Technology, Faculty of Fisheries and Marine Sciences, Christian University Artha Wacana Kupang. Tuna se’i smoked fish is a special smoked product with tunaia a raw materials and one of the types of processing fishery products known by the people of Kupang City like other meat se'i ( smoked) because the processed products of tuna se'i produced could be ready to eat by consumers and as a special food Kupang City. The aim of research have been analyze the profile of tuna se'i business in Kupang city, to analyze the internal and external factors influencing development of tuna se’i production business in Kupang city and to determine how to develop strategy processing of tuna se'i production business in Kupang city. Method of research be used SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Treath) analysis . The results of this study showed about 9 ( nine ) small groups of tuna se'i production business spread at 6 (six) villages and 4 ( four) subdistricts in Kupang city have been still traditional processing, details about smallscale group of business as 5( five ) groups have Halal sertificate and number of security household business sertificate ( P-IRT) , meanwhile 2 ( two) groups not yet have Halal sertificate but they have security household number (P-IRT) and 2 (two) grops) others have not yet both of sertificates. Every small scale business group of tuna se'i in Kupang city still have variation fix the price of each package ranging from IDR 50.000, - up to IDR 80.000, - with different contents weight. Internal and external factors consisting of 4 (four) factors as strength, weakness, opportunities, and threats have different scores, so from 9 ( nine) strength factors have a score of 2.75 meaning as still moderate , weaknesses have score 0.35 meaning as still moderate to decrease , opportunities have score 2.2 meaning as sufficient and threats have score of 0.8 meaning as to high . The development strategy of tuna se'i product of busiess processing in Kupang city is a progressive strategy by optimizing production, in the capacity building of small scale groups members to utilize the government to increase business productivity of small scale group work would be develop become high value added product tuna se'i with substracting threats as the same product in localmarket and seasonal raw material availability.
Key Word : Smoked Fish, SWOT
794/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain