Skripsi
Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil terhadap Keaktifan belajar siswa mata pelajaran PAK, pada SMP PGRI Kilobesa,Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten TTS Tahun ajaran 2015/2016
ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AGAMA KRISTEN, PADA SMP PGRI KILOBESA, KEC AMANUBAN BARAT, KAB TIMOR TENGAH SELATAN TA 2015/2016
Maubanu M.Y) Tnunay.P)* Pabala P.P)** Berdasarkan hasil observasi peneliti, permasalahan yang terdapat pada SMP PGRI Kilobesa menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa kurang dalam mengikuti proses pembelajaran, serta keaktifan siswa dalam kelas kurang aktif. Melihat masalah tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah dalam penelitian adalah Apakah ada pengaruh penerapan metode diskusi kelompok terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VII SMP PGRI Kilobesa Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII SMP PGRI Kilobesa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelas VII sampai kelas IX yang berjumlah 67 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah KelasVII. Kelas VIIa yang berjumlah 13 orang sebagai kelas eksprimen, dan kelas VIIb yang berjumlah 13 orang sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengumpulan data dengan menggunakan rubrik, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan rumus uji t (sugiyono 2011). Oleh karena itu peneliti sudah menerapkan Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran PAK Pada SMP PGRI Kilobesa, Kec Amanuban Barat, Kab TTS TA 2015/2016. Berdasarkan olahan data di atas bahwa t hitung tersebut di bandingkan dengan t table + =13+13 2=24 dengan dk 24. Maka t hitung =7,732 (uji dua pihak dengan interpolasi). Dalam hal ini berlaku ketentuan bahwa, bila t tabel lebih kecil atau sama dengan t hitung, maka Ho di terima, ternyata t hitungl lebih kecil daripada t tabel (68,916
1.148/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain