Skripsi
Pengaruh Metode Sosiodrama terhadap Pemahaman anak Remaja dalam kegiatan pelayanan anak dan Remaja di jemaat GMIT Hosana Sungkaen Kelurahan Naimata Kecamatan Maulafa Kota Kupang
ABSTRAK
Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Pemahaman Anak Remaja Dalam Kegiatan PAR Di Jemaat GMIT Hosana Sungkaen Kel. Naimata, Kec. Maulafa Kota Kupang Tahun 2016/2017. (Skripsi) Jurusan Ilmu Pendidikan, Program Studi Ilmu Pendidikan Teologi. Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Oematan, R. F. *Tnunay, P *Pabala, P.P.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan suatu fenomena bahwa siswa masih kesulitan dalam kegiatan Pelayanan Anak dan Remaja,sehingga menyebabkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran menjadi rendah, ditambah lagi masih banyaknya guru yang memposisikan siswa sebagai penerima materi. Sehubungan dengan hal di atas peneliti ingin melakukan penelitian dengan menggunakan salah satu metode pembelajaran yaitu metode sosiodrama. Tujuan metode sosiodramaadalah agar siswa belajar menemukan ide dan pendapatnya serta dapat memberikan umpan balik terhadap materi yang dipelajari. Metode sosiodramalebih menekankan pada pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik, dalam hal ini peserta didik aktif terlibat dalam berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dalam belajar serta penyajian materi bersumber dari lingkungan belajar peserta didik. Untuk itu peneliti melakukan penelitian ini dalam bentuk penelitian experimen dalam bentuk One Group Pre Test-Post Test Design. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari penerapan metode sosiodramaterhadap pemhaman anak PAR di Jemaat GMIT Hosana Sungkaen Kupang.Penelitian ini telah dilaksanakan selama 2 minggu di GMIT Hosana Sungkaen kel. Naimata, Kec.Maulafa Kota Kupang khususnya pada kelas Remaja. Sampel yang diambil 1 kelas yaitu kelas Remaja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dalam bentuk One Group Pre Test – Post Test Design . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes prestasi dan rumus yang digunakan adalah dengan menggunakan T-Test dan N-Gain. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 2,26 dengan N-1=24-1=23, maka harga ttabel sebesar 1,714,sehingga dengan melihat hasil analisis yang ada maka dapat dikemukakan bahwa thitung ttabel (2,26 ).
xi
Dari ketentuan tersebut, maka H1 diterima dimana ada Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Pemahaman Anak Remaja Dalam Kegiatan PAR Di Jemaat GMIT Hosana Sungkaen Kel. Naimata, Kec. Maulafa Kota Kupang Tahun 2016/2017 dan H0 ditolak dimana tidak adaPengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Pemahaman Anak Remaja Dalam Kegiatan PAR Di Jemaat GMIT Hosana Sungkaen Kel. Naimata, Kec. Maulafa Kota Kupang Tahun 2016/2017 Berdasarkan kriteria tingkat Gain untuk mengukur ada tidaknya peningkatan, maka N-Gain di peroleh sebesar 0,3 Jadi, kriteria tingkat Gainnya adalah rendah.Untuk peneliti lanjutan agar dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran dalam 3 ranah hasil belajar yaitu: ranah kognif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (ketrampilan).
1.145/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain