Skripsi
Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter Siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 3 Oelasin Kecamatan Rote Barat Daya Kabupaten Rote Ndao tahun ajaran 2016/2017
ABSTRAK
Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Di SMP Negeri 3 Rote Barat Daya
Tahun Ajaran 2016/2017
Sama, F)* Manggoa, M)** Manu, L)**
Membicarakan karakter merupakan hal yang sangat penting dan mendasar dalam pendidikan Pada SMP Negeri 3 Rote Barat Daya para guru menekankan pentingnya pengetahuan. Hal ini dapat dibuktikan dengan observasi atau pengamatan yang dilakukan oleh penulis bahwa karakter yang di tampilkan oleh peserta didik yang ada pada SMP Negeri 3 Rote Barat Daya sangat memprihatinkan dan bahkan tidak sesuai dengan nilai-nilai keagamaan, seperti: Karakter yang bersumber dari olah hati ( karakter jujur, disiplin dan cerdas ) yang presentasenya masih sangat rendah. Perumusan Masalah : Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Di SMP Negeri 3 Rote Barat Daya, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao?. Tujuan : Untuk mengetahui Pelaksanaan Pendidikan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Di SMP Negeri 3 Rote Barat Daya. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa- siswi kelas VIII yaitu 15 siswa. Metode Penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Teknik Pengumpulan Data : Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Kesimpulan Dari Penelitian ini adalah Pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 3 Rote Barat Daya belum dilaksanakan secara maksimal sebab masih ada beberapa karakter yang belum dilakukan oleh siswa dengan baik. Karakter siswa belum berjalan secara maksimal karena ada beberapa kendala antara lain kurangnya profesionalisme guru karena kadang guru meninggalkan kelas serta menyuruh siswa menulis di papan tulis. Dengan begitu maka dapat dikatakan bahwa guru kurang profesional sebab hal tersebut sehingga suasana pembelajaran tidak berjalan secara efektif, adanya pengaruh negatif globalisasi kepada para siswa dan kurangnya peran orang tua dan masyarakat pada pelaksanaan pendidikan karakter. Dan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, dilakukan strategi dengan cara (1) melaksanakan metode pendidikan budi pekerti, (2) menguatkan peran orang tua dan masyarakat dengan cara meningkatkan peran komite sekolah. Saran : (1) Guru : Pembentukan karakter siswa akan terwujud apabila guru mampu menjadi teladan dalam segala hal bagi siswanya, (2) Sekolah : Membentuk karakter pada siswa bukan hanya tanggung jawab sekolah, oleh karena itu sekolah perlu meningkatkan kerja sama baik secara internal maupun eksternal agar karakter siswa dapat muncul secara maksimal pada diri siswa, dan (3) Orangtua : Orang tua harus mendukung program sekolah dalam rangka pembentukan karakter pada siswa dengan ikut mengawasi dan melatih siswa di rumah, Sehingga siswa merasa terdorong untuk melakukan karakter-karakter tersebut.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter
1.144/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain