Skripsi
Kesulitan Belajar siswa dalam mengerjakan tugas pendidikan agama Kristen di SD GMIT Oesapa tahun ajaran 2016/2017
ABSTRAK
perumusn masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan apakah yang di alami siswa-siswi SD GMIT Oesapa dalam mengerjakan tugas mata pelajaran PAK? Penelitian ini bertujuan untuk Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam belajar Pendidikan Agama Kristen Metode yang digunakan adalah metode deskriptif,. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa 1) Kesulitan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen yang dialami siswa terdiri dari tiga kompenen yaitu kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan, dan kesulitan memecahkan masalah. 2) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berasal dari siswa meliputi sikap siswa dalam belajar matematika, motivasi belajar siswa yang masih rendah, kesehatan tubuh yang tidak optimal, dan kemampuan pengindraan siswa yang kurang. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar siswa antara lain kurangnya variasi mengajar guru, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal, sarana prasarana di sekolah, serta lingkungan keluarga. Saran dari penelitian ini adalah 1) Bagi Guru Mengingat pentingnya penguasaan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan baik guru sebaiknya mengajarkan mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan bervariasi yang sesuai dengan teori belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen disertai penggunaan alat peraga yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 2) Bagi Siswa Siswa hendaknya memiliki sikap positif pada pelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen serta lebih aktif dalam pembelajaran. Selain itu siswa hendaknya memperbanyak latihan soal dan lebih teliti sehingga kesulitan bealajar mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dapat dikurangi. 3) Bagi Orang Tua Hendaknya orang tua senantiasa memperhatikan perkembangan belajar anak khususnya memberi perhatian pada kesulitan belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen yang dialami. Selain itu orang tua hendaknya menumbuhkan motivasi belajar siswa dan memberikan sugesti positif bahwa mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen adalah pelajaran yang menyenangkan sehingga siswa mempunyai sikap positif siswa pada pelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen.
Kata Kunci : Pendidikan Agama Kristen dan Kesulitan Belajar Siswa
1.139/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain