Skripsi
Peranan Komite Sekolah mendukung proses Pembelajaran di SMP Negeri 3 Satu Atap Amarasi Selatan Tahun Ajaran 2015-2016
ABSTRAK
Bani, F** Henuk, A** Tnunay, p**
Penelitian ini berjudul “Peranan Komite Sekolah Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Di Smp Negeri 3 Satu Atap Amarasi Selatan Tahun Ajaran 2015-2016†Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Mengapa komite sekolah belum berperan dalam mendukung proses pembelajaran di SMPN.3 Satu Atap Amarasi Selatan tahun ajaran 2015-2016? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Komite Sekolah dalam mendukung proses pembelajaran pada SMP Negeri 3 Satu Atap Amarasi Selatan Tahun Ajaran 2015- 2016. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, ketua komite, dan anggota komite semua responden berjumlah 5 orang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif tipe eksprostfactor Hasil penelitian menunjukkan: bahwa 1) Akibat tidak berperannya komite sekolah dalam mendukung proses pembelajaran karena, kurangnya penjelasan secara teoritis berupa sosialisasi dari pihak sekolah bagi orang tua murid komite dalam hal ini pengurus komite yang terpilih mengenai fungsi,syarat- syarat menjadi pengurus komite, tugas dan peran yang hendak mereka jalankan. Hal demikian menjadi tabuh untuk diketahui. 2) Akibat tidak berperannya komite sekolah dalam mendukung proses pembelajaran karena, sistem koordinasi dan kerja sama antara pihak sekolah, pengurus komite dan juga pihak pemerintah tidak terlaksana dengan baik sehingga dalam penjabaran dan pelaksanaan setiap program kerja menjadi tersendat. 3) Akibat tidak berperannya komite sekolah dalam mendukung proses pembelajaran karena, fungsi dari pihak komite tidak memahami secara utuh dalam hal memberi pertimbangan, mendukung, mengontrol dan menjadi mitra antara sekolah dan pemerintah tidak dijalankan dengan baik. Hal ini terbukti dalam pelaksaan setiap program kerja pemerintah jarang dilibatkan dalam hal bantuan dana atau pun sosialisasi dan lain sebagainya. Pihak sekolah dan komite pun bekerja masing- masing dan tidak bergandengan tangan demi kesuksesan progam kerja dan kemajuan sekolah dimaksud. Saran dari penelitian ini adalah 1) Disarankan kepada pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah untuk melakukan pendekatan dengan para pengurus komite dan orang tua murid dalam membahas program kerja sama dan juga membangun hubungan baik dengan pemerintah setempat dalam hal mendukung dan memberi bantuan agar program kerja yang telah di sepakati bersama dapat terlaksana tanpa ada pihak yang dikorbankan. Jika hal demikian dilakukan dengan baik maka seyogianya proses pembelajaran pun dapat berjalan dengan baik dan kesejahteraan menjadi bagian dari seluruh anggota sekolah, komite dan para siswa yang ada. 2) Disarankan kepada pihak komite sekolah untuk melakukan pendekatan yang lebih intensif dengan kepada pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah dalam menyusun dan membahas program kerja sama yang lebih praktis dan juga membangun hubungan baik dengan pemerintah setempat dalam hal mendukung dan memberi bantuan agar program kerja yang telah di sepakati bersama dapat terlaksana tanpa ada pihak yang dikorbankan.
Kata Kunci: Komite Sekolah dan Proses Pembelajaran
1.128/17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain