PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Skripsi

Analisis pengaruh perilaku pemimpin terhadap kepuasan kerja karyawan pada hotel Pelangi kota Kupang

HOAR,Maria Yovita - Nama Orang;

ABSRAKSI
Penelitian ini berjudul : “Analisis Pengaruh perilaku pemimpin
Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Hotel Pelangi Kota
Kupang ”. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah
Pengaruh Perilaku pemimpin Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada
Hotel Pelangi Kota Kupang. Ada dua persoalan penelitian yaitu 1).
Bagaimana Pengaruh perilaku pemimpin terhadap Kepuasan Kerja
Karyawan. 2). Bagaimana Pengaruh Faktor Kepuasan Kerja Terhadap
Karyawan. Tujuan penelitian dalam penulisan ini adalah a). Untuk
mengetahui pengaruh perilaku pemimpin terhadap Kepuasan Kerja
Karyawan. b). Untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap
Karyawan.
Ada 2(dua) konsep penelitian yaitu a). Kemampuan seseorang dalam
mengarahkan, mempengaruhi, mendorong, dan mengendalikan orang lain
atau bawahan untuk bisa melakukan sesuatu pekerjaan atas kesadarannya
dan suka rela dalam mencapai suatu tujuan tertentu. b). Kepuasan kerja
adalah seperangkat perasaan pegawai tentang menyenangkan atau tidaknya
pekerjaan mereka.
Dari hasil perhitungan regresi linier sederhana yang diperoleh konstanta
regresi (a) sebesar 1.820, koefisien (b) sebesar 0.740 dan thitung untuk
koefisien b adalah 8.383 sedangkan ttabel = T (0.05) = 1,711, yang
mengadung makna bahwa thitung > ttabel dimana Ha diterima, Ho
ditolak.dengan demikian dapat diketahui bahwa perilaku pemimpin
xi
berengaruh positif dan sgnifikan terhadap kepuasan kerja karyawan
terbukti secara empirik.
Koefisien determinasi (R2) sebesar 0.844 yang berarti 84.5 % perubahan
kepuasan kerja karyawan dijelaskan oleh perubahan perilaku pemimpin,
sedangkan 15.6 % dijelaskan oleh faktor lain.
Berdasarkan hasil penelitian seperti yang telah diuraikan diatas dapat
ditarik kesimpulan bahwa: Perilaku pemimpin mempunyai pengaruh yang
di fiknikasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada hotel pelangi kota
kupang ini dibuktian dengan thitung > ttabel ( 8.38 > 1.711 ) berarti Ha
diterima , Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa apabi perilaku seorang
pemimpin lebih diperhatikan maka akan semakin tinggi kepuasan
karyawan dalam bekerja.
Literatur-literatur yang menjelaskan tentang teoritis perilaku pemimpin,
dan kepuasan kerja karyawan telah diperkuat keberadaanya dengan
konsep-konsep teoritis dan dukungan empiris mengenai hubungan antara
variabel-variabel tersebut. Berikut ini implikasi teoris dari penelitian ini:
Menurut Stoner dan Freeman (1992:472) perilaku pemimpin adalah proses
mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas-aktivitas yang ada
hubungannya dengan pekerjaan terhadap para anggota kelompok.
Sedangkan Bartol dan Martin (1991:480) menyatakan bahwa pemimpin
adalah proses mempengaruhi orang lain tentang pencapaian prestasi ke
arah tujuan organisasi.Kepuasan kerja pada dasarnya adalah tentang apa
yang membuat seseorang bahagia dalam pekerjaannya atau keluar dari
xii
pekerjaanya. Faktor - faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja pegawai
secara signifikan adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan pekerjaan
itu sendiri, dengan kondisi kerja, dengan pimpinan, dengan rekan kerja,
dengan pengawasan, dengan promosi jabatan dan dengan gaji.
(Timmreck, 2001).
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku pemimpin dipengaruhi
oleh kepuasan kerja karyawan hotel pelangi kota Kupang oleh karena itu
perlu memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan perilaku
pemimpin sehingga dapat meningkatkan meningkatkan kepuasan kerja
karyawan pada perusahaan hotel pelangi kota kupang Kupang.
Saran – saran perusahaan hotel pelangi kota kupang sebagai berikut: 1).
Perusahaan perlu memperbaiki sistem pelayanan sehingga dapat
meningkat mutu pelayanan kepada para tamu. 2). Perusahaan perlu
meningkatkan kualitas SDM / Karyawan khususnya karyawan yang
mengadakan pendidikan dan latihan untuk meningkatkan pengetahuan
dana profesionalisme dalam bekerja terutama dalam memberikan kepada
para tamu. 3). Perusahaan perlu menata secara baik tata letak sarana fisik
yang dimiliki demi kelancaran proses pelayanan para tamu. 4). Perusahaan
perlu melakukan perbaikan terhadap proses yang dilakukan agar proses
penyampaian jasa terhadap karyawan dapat berjalan dengan cepat dan
tepat. 5). Perusahaan perlu mengadakan inovasi terhadap sarana – sarana
sehingga dapat mengantisipasi permasalahan yang selama ini dihadapi.


Ketersediaan
1102/17PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 113 EKN 17
Penerbit
Kupang : UKAW Fakultas Ekonomi., 2017
Deskripsi Fisik
x, 46 hlm.; bibl.; lamp.; ilus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 331.118 072 598 559
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA--PENELITIAN--KUPANG
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Maria Yovita Hoar
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik