Skripsi
Analisis pengaruh faktor motivasi ekstrinsik dan kondisi ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa akuntasi kelas X dan XI pada SMK Negeri 1 Rote Barat Kabupaten Rote
ABSTRAKSI Prestasi Belajar adalah tingkat pengetahuan, keterampilan, dan penguasaan mata pelajaran yang dicapai dalam proses pembelajaran selama jangka waktu tertentu dan dinyatakan dalam suatu nilai yang diperoleh dari tes evaluasi. Dengan memahami mata pelajaran diharapkan siswa tersebut mampu mengimplementasikan kejujuran dalam pengolahan dan penyajian data akuntansi yang telah diterima selama mengikuti proses belajar di sekolah. motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “felling†dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Motivasi Ekstrinsik adalah motif-motif yang aktif dan berfungsinya karena adanya rangsangan dari luar seperti keluarga pacar dan lingkungan pergaulannya. Ada pula kondisi ekonomi keluarga berperan penting dalam prestasi siswa, karena kondisi ekonomi dapat menjadi tolak ukur bagi siswa dan menyadari dari mana tingkat kondisi ekonomi keluarganya, sehingga siswa tersebut dapat belajar lebih giat dan berprestasi dalam belajar Berkaitan dengan hal tersebut diatas maka dilakukan penelitian dengan judul. ANALISIS PENGARUH FAKTOR MOTIVASI EKSTRINSIK DAN KONDISI EKONOMI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS X DAN XI SMK NEGERI I ROTE BARAT. Tujuan dari enelitian ini adalah Membuktikan pengaruh faktor motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar siswa akuntansi SMK N 1 ROTE BARAT. Membuktikan pengaruh kondisi ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar siswa akuntansi SMK N 1 ROTE BARAT. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pengaruh Faktor Motivas Ekstrinsik Dan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Akuntansi SMK N 1 ROTE BARAT. Persoalan penelitian ini adalah pertama Apakah faktor motivasi ekstrinsik berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa akuntansi SMK N 1 ROTE BARAT, Kedua Apakah kondisi ekonomi keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa akuntansi SMK N 1 ROTE BARAT. Hipotesis dalam penelitian ini adalah H1: Terdapat pengaruh positif
xiii
faktor motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar. H2 : Terdapat pengaruh positif kondisi ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar. Selanjutnya populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswan akuntansi SMK N 1 Rote Barat, Sampel merupakan bagian dari anggota populasi, maka sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK N 1 Rote Barat yang menjadi fokus penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah survey menggunakan kuisoner yang diberikan kepada responden untuk mendapatkan hasil variabel motivasi ekstrinsik dan kondisi ekonomi keluarga, dan dokumentasi yaitu teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dari dokumen-dokumen di tempat penelitian berupa nilai siswa akuntansi kelas X dan XI. Dalam penelitian ini, objek yang akan diteliti adalah SMK N 1 Rote Barat Rote Ndao. Sesuai dengan persamaan garis regresi yang diperoleh, maka regresi dapat diinterprestasikan sebagai berikut Y = a + b X1 + bX2 + e, konstanta sebesar 2.052, sedangkan nilai b2X1 sebesar 0,324 dan b2X2 sebesar 0,124. konstanta sebesar 2.052, yang berarti nilai koefisien variabel prestasi sebesar 2.052. Sehinngga persamaan regresi ditulis: Y= 2.052 + 0,324X1 + 0,142X2. Sedangkan berdasarkan hasil analisis faktor motivasi ekstrinsik terhadap prestasi belajar membuktikan secara empiris bahwa motivasi ekstrinsik dalam penelitian ini tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa akuntansi yang dibuktikan dengan nilai thitung 2.028 > 1.699 ttabel. Hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian dari Qurratul Aini (2016) menyatakan bahwa pengaruh motivasi belajar ekstrinsik dan motivasi instrinsik terhadap prestasi belajar ekonomi siswa tidak signifikan. Dan Berdasarkan hasil analisis kondisi ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar secara empiris bahwa kondisi ekonomi keluarga dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa akuntansi yang dibuktikan dengan nilai thitung 0.907 < 1.699 ttabel. Hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian dari Adang Cony Priyatna (2011) Dengan hasil Kondisi sosial ekonomi keluarga berpengaruh signifikan positif secara langsung terhadap prestasi belajar. Hasil dalam penelitin menunjukan bahwa motivasi ekstrinsik dan
xiv
kondisi ekonomi keluarga baik terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena motivasi ekstrinsik dan kondisi ekonomi keluarga orang tua dapat terhindar dari prestasi yang kurang baik. Dari bahasan diatas maka disimpulkan Hasil analisis menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan Motivasi ekstinsik terhadap prestasi siswa akunttansi kelas X dan XI SMK N 1 ROTE BARAT. Hal ini ditunjukkan dengan thitung 2.028 > 1.699 ttabel yang didapat dari uji t pada taraf signifikansi 0.1%. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif Kondisi ekonomi keluarga terhadap prestasi siswa akunttansi kelas X dan XI SMK N 1 ROTE BARAT. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 0.907 < 1.699 ttabel yang didapat dari table uji t pada taraf signifikansi 0.1%.
1.079/17 | S 43 EKN 17 | PTK PUSAT UKAW | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan |
Tidak tersedia versi lain