PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Skripsi

Pengaruhkualitas layanan dan promo terhadap keputusan pembelian sepeda motor Matic Suzuki di PT Surya Mahkota Kencana Kupang

DJAMI, Tersaida Leo - Nama Orang;

vii
ABSTRAKSI
Salah satunya cara dengan mengadakan promosi yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran atau transaksi dalam pemasaran. Promosi menyebabkan orang yang sebelumnya tidak tertarik untuk membeli suatu produk/ jasa akan tertarik dan mencoba produk/jasa sehinggah konsumen melakukan pembelian. Disinilah perlunya mengadakan promosi yang terarah, karena diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap meningkatnya penjualan (Sugiyono, 2004:17). Tujuan utama dari promosi adalah modifikasi tingkah laku konsumen, menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk serta mengingatkan konsumen sasaran tentang perusahaan dan produk atau jasa yang dijualnya (Swastha dan Irawan, 2005:124). Dalam mengenal konsumen perlu mempelajari perilaku konsumen sebagai perwujudan dari seluruh aktivitas jiwa manusia dalam kehidupansehari-hari. Presepsi-presepsi pengaruh orang lain dan motivasi- motivasi internal akan berinteraksi untuk menentukan keputusan terakhir yang dianggap paling tepat. Dengan adanya persaingan yang semakin ketat seperti sekarang ini maka, perusahaan dituntut untuk menciptakan kualitas layanan yang baik dalam melayani keluhan-keluhan dari konsumen dan mempunyai nilai lebih yang dianggap lebih baik dari perusahaan pesaing. Kualitas layanan merupakan tingkat keunggulan (xcellence) yang diharapkan dan pengendalian atas keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan (Tjiptono, 2007: 47). Kualitas jasa dipengaruhi dua hal, yaitu jasa yang dirasakan (perceived service) dan jasa yang diharapkan (expected service). Bila jasa yang dirasakan lebih kecil dari pada yang diharapkan para pelanggan menjadi tidak tertarik pada penyedia jasa akan tetapi apabila yang terjadi adalah sebaliknya (perceived ex pected), ada kemungkinan para pelanggan akan mengunakan penyedia jasa itu lagi (Rangkuti, 2006:92). Tingkat kualitas layanan jasa tidak dapat diukur berdasarkan sudut pandang perusahaan tetapi dipandang dari sudut pandang penilaian pelanggan. Penjualan sepeda motor matic Suzuki mulai dari tahun 2014 -2015 terjadi penurunan penjualan yang sangat besar, dimana pada tahun 2014 jumlah penjualan baik kredit maupun cash berjumlah 1,208 unit, sedangkan pada tahun 2015 terjadi penurunan diman jumlah penjualan cash maupun kredit berjumlah 347 unit. Yang menjadi persoalan penelitian ini adalah: bagaimana pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Suzuki di PT. Surya Mahkota Kencana Kupang? Penelitian ini menggunakan teknik sampling aksidental, dimana pengambilan sampel berdasarkan penilaian peneliti mengenai siapa yang pantas dijadikan sampel serta dilakukan saat peneliti berada di lokasi penelitian. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa umumnya pelayanan yang diperoleh konsumen dari PT. Surya Mahkota Kencana Kupang tepat waktu. Ketidaktepatan waktu pelayanan ini antara lain bahwa karyawan masih kurang memberikan respon secara langsung terhadap pengunjung yang datang serta ada
viii
juga karyawan yang belum mampu menberikan penjelasan yang mendetai tentang keunggulan produk kepada pengunjung ataupun pelanggan yang datang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya pelayanan yang diperoleh konsumen dari PT. Surya Mahkota Kencana Kupang baik dan karyawan perusahaan selalu sopan dalam berutur atau berbicara seperti dalam hal memberikan penjelasan kepada konsumen ataupun pelanggan, walaupun tidak secara keseluruhan. Konsumen juga mendapatkan kemudahan baik dalam memilih produk ataupun dalam bertransaksi di PT. Surya Mahkota Kencana Kupang, dalam hal memilih produk dan melakukan transaksi, khususnya bagi yang melakukan transaksi secara cash/tunai. Seklain itu, umumnya responden merasa nyaman ketika berada dalam gedung/show room PT. Surya Mahkota Kencana Kupang karena dilengkapi dengan fasilitas yang dapat memberikan kenyamanan seperti ruangan show room yang cukup luas, ada beberapa macam produk yang dapat dijadikan pilihan alternatf serta kesejukan ruangan dalam ruangan karena dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC). PT. Surya Mahkota Kencana Kupang juga menerapkan variasi program khususnya kepada pelanggan, diantaranya adalah potongan harga, bonus atau hadiah tambahan bagi pelanggan, maupun bebas biaya transportasi dalam arti bahwa perusahaan akan mengantarkan produk yang dibeli pelanggan ke tempat tujuan, tanpa memungut biaya transportasi dari pelanggan. Dalam hal memperkenalkan produknya ke publik, PT Surya Mahkota Kencana Kupang sering menggunakan media brosur yang berisikan jenis produk dan besaran angsuran serta memamerkan produk barunya di ruang pameran show room. Dari Hasil uji regresi linear sederhana mengenai pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian adalah sebagai berikut : Y = 1,985 + 0,451X1 Untuk variabel kualitas layanan diperoleh nilai thitung sebesar 10,076 dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan dari tabel t diperoleh nilai 1,996. Hasil ini membuktikan bahwa thitung > ttabel sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic suzuki di PT. Surya Mahkota Kencana diterima. Penerimaan terhadap hipotesis ini juga didukung oleh tingkat signifikansi thitung untuk variabel kualtias layanan sebesar 0,000, yang berada jauh dibawah tingkat signifikansi penelitian (0,05). Hal ini menunjukan bahwa tidak ada kemungkinan untuk menolak hipotesis ini. Hasil uji regresi regresi linear sederhana mengenai pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian adalah sebagai berikut : Y = 1,284 + 0,613X2 Untuk variabel kualitas layanan diperoleh nilai thitung sebesar 9,085 dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan dari tabel t diperoleh nilai 1,996. Hasil ini membuktikan bahwa thitung > ttabel sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic suzuki di PT. Surya Mahkota Kencana diterima. Penerimaan terhadap hipotesis ini juga didukung oleh tingkat signifikansi thitung untuk variabel promosi sebesar 0,000, yang berada jauh dibawah tingkat signifikansi penelitian (0,05). Tingkat signifikansi ini menunjukan bahwa tidak ada kemungkinan untuk menolak hipotesis ini.
ix
Dari hasil penelitian pada PT. Surya Mahkota Kencana Kupang diketahui bahwa variabel kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Jawaban responden pada indikator ketepatan pelayanan, dimana sebanyak 72,86% responden menyatakan pelayanan yang tepat waktu dapat mempengaruhi keputusan pelanggan dalam membeli produk di PT. Surya Mahkota Kencana Kupang. Pada indikator sopan santun dan keamahan, sebanyak 61,43% responden menyatakan (sangat setuju setuju) bahwa kesopanan dan keramahan karyawan dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Disamping itu, pada indikator kemudahan mendapatkan pelayanan, sebanyak 60,00% responden menyatakan (sangat setuju setuju) bahwa kemudahan mendapatkan pelayanan dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dari hasil penelitian pada PT. Surya Mahkota Kencana Kupang juga diketahui bahwa variabel kualitas layanan dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini diakibatkan karena promosi dapat memperkenalkan suatu produk kepada calon pembeli serta kualitas layanan yang baik dapat memberikan pemahaman dan kenyamanan kepada konsumen dalam melakukan suatu transaksi. Disamping itu, diketahui bahwa variabel yang dominan memberikan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian motor matic pada PT. Surya Mahkota Kencana Kupang adalah varibel promosi. Namun secara keseluruhan, kedua variabel bebas tersebut memberikan kontribusi yang positif terhap keputusan pembelian sepeda motor matic di PT. Surya Mahkota Kencana Kupang.


Ketersediaan
1156/17PTK PUSAT UKAWTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak di pinjamkan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
S 28 EKN 17
Penerbit
Kupang : UKAW Fakultas Ekonomi., 2017
Deskripsi Fisik
ix, 77 hal.; bibl.; Lamp.; ilus.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 650.14 072
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PROMOSI--PENELITIAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Tersaida Leo Djami
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN PUSAT UKAW
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Alamat : Jalan Adisucipto 147, Oesapa, Kupang NTT
Telp: +62 380 881584 dan +62 380 881050
Fax: +62 380 881677
Email: admin@ukaw.ac.id / ukaw_kupang@yahoo.co.id

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik